ALKITAB 3
APAKAH MUSA MENUBUATKAN TENTANG
KEDATANGAN MUHAMMAD?

http://kabar-sukacita.blogspot.com/

TANTANGAN:
 Orang-orang Muslim percaya kepada Al-Quran, tetapi tidak percaya kepada
 Alkitab, karena mereka percaya bahwa orang-orang Yahudi dan Kristen
sudah memalsukan Alkitab dari kebenaran asalnya.

Namun mereka
membuat pengecualian. Al-Quran mengajarkan bahwa Muhammad sudah
dinubuatkan di dalam Alkitab: ... Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk
 orang-orang yang bertakwa..... (Yaitu) mengikut Rasul, Nabi yang ummi
yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Inji...”
(Surat al-A'raf 7:156-157; bandingkan dengan Sura al-Saff 61:6).

Untuk
 membuktikan bahwa ayat di dalam Al-Quran ini benar, orang-orang Muslim
mempelajari Alkitab dan mengutip dari sana, yang dalam pandangan mereka,
 menunjukkan bahwa Muhammad memang sudah dinubuatkan di dalamnya. Satu
bagian yang paling penting yang sering dikutip dari kitab Taurat Musa
adalah : Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara
saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh
TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan” (Ulangan 18:15, lihat
juga ayat 18). Mereka percaya bahwa Musa bernubuat mengenai kedatangan
Muhammad di dalam ayat ini. Ketika menyampaikan pandangan ini mereka
sungguh-sungguh secara mendalam percaya kepada isi Alkitab.

Orang
 Muslim tahu bahwa orang-orang Kristen mempercayai kalau ayat di dalam
Taurat ini bernubuat mengenai Kristus, dan bukan mengenai Muhammad.
Untuk membantahnya, orang-orang Muslim mengajukan argumentasi
berdasarkan Al-Quran: 1) Muhammad itu seperti Musa, keduanya dilahirkan
secara alamiah dari seorang ayah dan ibu – sedangkan Kristus dilahirkan
dari ibu-Nya Maria melalui mujizat Allah yang supernatural. 2) Muhammad
itu seperti Musa di dalam kenyataan bahwa keduanya sama-sama mati dan
dikuburkan di dunia ini—Kristus, tidak mati, tetapi hidup; Ia tidak
dikuburkan di bumi ini, tetapi Ia saat ini ada di surga. Jadi orang
Muslim percaya bahwa ketika dituliskan “sama seperti aku” yang dimaksud
oleh Musa bukanlah bernubuat tentang Kristus, tetapi tentang Muhammad.

Apakah
 orang Kristen harus mengubah pandangan mereka dan percaya bahwa Musa
memang bukan sedang bernubuat tentang Kristus, tetapi bernubuat tentang
Muhammad?

JAWABAN:
Orang-orang Muslim sangat benar ketika mereka percaya kepada Taurat dan
ketika mereka mengutipnya untuk mempertahankan argumentasi mereka. Kitab
 Musa memang menjelaskan tentang kebenaran. Dalam kerangka memahami
pandangan orang Muslim tentang Ulangan 18:15, saya mau mengajukan sebuah
 kenyataan yang sangat penting: 1) Kakek saya seperti Musa dan Muhammad,
 karena ketiganya dilahirkan secara alamiah dari ayah dan ibunya. 2)
Kakek saya seperti Musa dan Muhammad, karena ketiganya mati dan
dikuburkan di bumi ini. Apakah itu bisa menjadi dasar untuk mengatakan
bahwa kakek saya adalah seorang nabi seperti Musa? Tentu saja tidak!
Karena itu, atas dasar perbandingan itu saja, Muhammad tidak bisa
disebut sebagai pribadi yang dinubuatkan kedatangannya oleh Musa.

Agar
 seseorang sesudah Musa bisa disebut sebagai sama seperti Musa, maka ada
 perbandingan yang harus dipilih yang sifatnya sangat tidak biasa. Kita
harus memperhatikan hal-hal ini: 1) Kristus dan Musa adalah sama ketika
dilihat bahwa Allah melakukan banyak sekali mujizat melalui keduanya.
(Musa, contohnya, membelah laut, dan Kristus membangkitkan orang mati).
–Menurut Al-Quran, sayangnya, Muhammad disebutkan tidak melakukan
mujizat apapun. 2). Musa mati sesuai dengan rencana Allah dan sekarang
ia berada di surga. Hal yang sama juga terjadi kepada Kristus. Ia
menjalani kehidupan-Nya di dunia seturut dengan kehendak Allah, dan
sekarang Ia berada di surga.—Muhammad, berbeda, ia mati karena pengaruh
racun dan tidak ada di surga (tetapi di masjid yang didirikan untuknya
di Medinah).
Kemiripan dan perbedaan itu bukan hanya ditemukan di
dalam Alkitab, tetapi juga di dalam Al-Quran. Karena itu Kristus jelas
sekali adalah nabi yang sama seperti Musa, dan bukannya Muhammad.

KABAR BURUK : Musa
 di dalam Kitab Taurat tidak menubuatkan tentang Muhammad, tetapi hanya
tentang Kristus. Bahkan Al-Quran membuktikan hal ini, ketika memberikan
pengajaran tentang Musa, Kristus dan Muhammad.
KABAR BAIK :
 Saya bisa percaya kepada kitab Taurat yang kita terima dari Musa saat
ini dan yang sekarang menjadi bagian di dalam Alkitab. Di sana
dijelaskan kebenaran dan tidak dipalsukan. Sangat benar bagi orang
Muslim untuk mempelajari Alkitab untuk bisa mendapatkan terang yang
menyinari perkataan-perkataan yang ada di dalam Al-Quran mengenai Taurat
 dan Injil.

TAMBAHAN INFORMASI : Beberapa
 tahun yang lalu saya mengunjungi Afrika Selatan. Di sana saya
mengunjungi sebuah pusat missi Islam di Johannesburg dimana saya diberi
kesempatan untuk masuk selama beberapa jam di perpustakaannya. Saya
sangat takjub ketika melihat sebuah rak buku yang sangat besar yang
penuh dengan buku tulisan orang-orang Muslim yang menyelidiki Alkitab
untuk membuktikan kebenaran Al-Quran yang mengatakan bahwa Muhammad
memang sudah dinubuatkan di dalam Alkitab. Buku yang paling tebal dalam
bagian ini isinya lebih dari 1000 halaman dan ditulis sebagai thesis
untuk gelar doktor di sebuah universitas di Mekkah. Buku-buku Muslim itu
 membuktikan bahwa Alkitab tidak dipalsukan, seperti yang diyakini oleh
banyak orang Muslim. Kalau tidak demikian, untuk apa para pemimpin Islam
 yang sangat terpandang itu mau menghabiskan waktu berbulan-bulan
mempelajari Alkitab dan secara sangat bersungguh-sungguh mengutip
pernyataan-pernyataan yang ada di dalamnya.

Orang yang pertama kali berusaha membuktikan bahwa Muhammad memang dinubuatkan
di dalam Alkitab adalah seorang Yahudi yang masuk Islam: Ali ibn Rabban
al-Tabari. Pada
 tahun 855 ia menuliskan sebuah buku (Kitab al-Din wa al-Dawla = Kitab
tentang Agama dan Negara) di dalamnya ia memakai kutipan dari 16 kitab
yang ada di dalam Alkitab. Dengan dukungan ayat-ayat itu ia berusaha
untuk membuktikan bahwa Muhammad memang sudah dinubuatkan di sana.
Selain ayat yang kita kutip dari tulisan Musa tadi, ia juga meyakini
kebenaran kitab-kitab ini di dalam Alkitab: dari Nabi Daud (Mazmur
48:2-3), dari Nabi Yesaya (Yesaya 9:2-4), dari Nabi Yeremia (Yeremia
31:33-34), dari Nabi Daniel (Daniel 7:2-8 dan 19-24), dan dari Kristus
(Injil menurut Yohanes 14:16, 26), dan juga banyak lainnya. Buku
tulisannya dipakai oleh al-Mutawakkil salah seorang Kalifah dari Bani
Abbasiah sebagai satu alat yang sangat penting untuk menyebarkan Islam.
Jadi para pendiri Islam ortodoks sudah membuktikan pada abad ke-9 bahwa
Alkitab tidak dipalsukan oleh orang-orang Yahudi dan orang-orang
Kristen, karena mereka mengutip ayat-ayat yang penting dari nubuat Musa,
 Daud, Yesaya, Hosea, Mikha, Habakkuk, Zefanya, Zakaria, Yehezkiel,
Daniel, Kristus, dan bahkan dari tulisan Paulus. Dengan melakukan hal
itu bisa dilihat bahwa mereka yakin kalau kitab-kitab dari para utusan
Allah itu benar dan tidak dipalsukan, bertahun-tahun setelah saat
kematian Muhammad.

Salah satu kutipan dari al-Tabbari sangat luar biasa. Kristus mengatakan:
“tetapi
 Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku,
Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan
mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu” (Yohanes
14:26). Tabbari mengatakan bahwa di sini Kristus menubuatkan tentang
Muhammad, karena penghibur itu menunjuk sebagai Nabi dalam Islam itu.
Dengan mengatakan demikian, ia secara tidak langsung mengakui bahwa
Allah adalah Bapa, karena sang Penghibur diutus oleh Bapa surgawi
Kristus ke dalam dunia ini.

KESAKSIAN: Nama saya Ahmad dan saya tinggal di sebuah negara di Afrika yang
bernama Chad. Saya
 dulunya seorang yang mengajarkan Al-Quran dan bekerja sebagai penjual
radio serta memperbaiki radio yang rusak. Di tempat saya bekerja
terdapat banyak radio dan saya bisa menyalakan salah satunya untuk
mendengarkan siaran dari berbagai pemancar. Suatu hari saya memakai
salah satu radio itu untuk mendengarkan sebuah program yang disiarkan
dan saya mendengarkan berita yang disampaikan. Tidak lama kemudian saya
mulai menyadari bahwa stasiun radio pemancar itu adalah statiun radio
Kristen. Penyiarnya membaca bagian dari Mazmur Daud dalam bahasa Arab.
Saya sangat tersentuh dengan isi dari kitab Mazmur ini. Di dalam hati
saya berkata bahwa kalau seorang Kristen bisa memuji Allah dengan cara
yang sangat indah seperti yang ada di dalam kitab Mazmur ini pastilah
mereka bukan orang yang jahat seperti yang selama ini saya ajarkan
mengenai mereka. Saya sangat ingin membaca Mazmur itu lagi, tetapi saya
tidak memiliki Alkitab. Saya mencari selama berbulan-bulan sebelum
akhirnya saya menemukan sebuah Alkitab berbahasa Arab. Tetapi masih
memerlukan waktu berbulan-bulan juga untuk saya bisa menemukan halaman
di dalam Alkitab itu yang berisi kitab Mazmur yang pernah saya dengar
melalui radio. Mazmur itu ternyata dari Mazmur 145. Saya sangat senang
ketika saya menemukannya. Saya sangat tertarik dengan isinya. Dan lama
kelamaan, Allah menolong saya untuk memulai dari Mazmur ini kemudian
membuka berita yang ada di dalam Alkitab. Saya sangat tersentuh dengan
berita tentang Kristus. Karena itu saya kemudian memutuskan untuk
mengikut Yesus. Saya kemudian mengatakan kepada murid-murid yang belajar
 Al-Quran dari saya bahwa mulai saat itu kami tidak akan belajar
Al-Quran lagi, tetapi belajar Alkitab. Kebanyakan dari mereka mengikuti
apa yang saya lakukan dan sekarang sudah percaya kepada Kristus.

DOA : Dengan
 segenap hati saya bersyukur kepada-Mu ya Allah, Rajaku, karena Engkau
penuh dengan kasih dan rahmat, kesabaran dan kebaikan. Engkau setia
kepada segala Firman-Mu, dan karena itu saya percaya kepada Firman-Mu.
Saya mengakui bahwa saya sudah berdosa terhadap Engkau. Selamatkanlah
saya dari dosa-dosa saya, dari Iblis, dan maut. Engkau mendengar
seruanku dan menolongku. Biarlah semua makhluk memuji nama-Mu yang kudus
 selama-lamanya.

PERTANYAAN: Mengapa
 orang-orang Muslin mempelajari dan menyelidiki Alkitab? Bagaimana
mereka bisa mengatakan bahwa Alkitab sudah dipalsukan kalau mereka
percaya kepada pernyataan Alkitab yang berkaitan dengan Muhammad?
Siapakah yang dinubuatkan Musa: Kristus atau Muhammad?

UNTUK DIHAFALKAN:
 TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap
orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan” (Mazmur 145:18 –
Perkataan Nabi Daud)

ALKITAB 3: APAKAH MUSA MENUBUATKAN TENTANG KEDATAN...ALKITAB 4: MENGAPA ANDA
BISA PERCAYA KEPADA ALKITA...ALKITAB 5: MENGAPA KAUM MUSLIM TIDAK PERCAYA
KEPAD...

▼

Juni
(2)
Salib 1: SIAPAKAH YANG AKAN MASUK NERAKA?Salib 2: APAKAH KRISTUS DISALIBKAN?

▼

April
(1)
Salib 3: BAGAIMANAKAH ANAK ABRAHAM DITEBUS?

▼

Februari
(1)
Salib 4: MENGAPA YESUS MATI BAGI DOSA-DOSA ANDA?

▼

2009
(9)

▼

Desember
(1)
Salib 5: MENGAPA AL-QURAN MENYANGKAL SALIB?

▼

November
(1)
TRITUNGGAL 1: MENGAPA MUHAMMAD DAN BUKAN KRISTUS?

▼

Oktober
(1)
TRITUNGGAL 2: APAKAH KE-TRITUNGGALAN ALLAH ADALAH ...

▼

September
(2)
TRITUNGGAL 3: APAKAH KRISTUS SAMA DENGAN ADAM?TRITUNGGAL 4: BAGAIMANA MUNGKIN
ALLAH ITU TRITUNGG...

▼

Agustus
(2)
TRITUNGGAL 5: MENGAPA AL-QURAN MENOLAK KE-TRITUNGG...Petunjuk “Emas“ dalam
Percakapan dengan Muslim

▼

Juli
(2)
Daftar Muslim yang Meninggalkan IslamOrang-orang yang Meninggalkan ISLAM