rezameutia:
yang salah bukan agamanya dong. yang salah sudah jelas manusianya.

ds:
memang, pada ujung2nya adalah selalu manusia.
bahkan pada pangkal/awalnya pun adalah selalu manusia.

===========

rezameutia:
semua agama tidak ada yang salah karena sumbernya satu, dan semua agama
mengajarkan manusia untuk tidak terjadi konflik, menyebarkan kebaikan,
saling mengasihi dan menyayangi sesama manusia.

ds:
yang bilang salah dan yang bilang benar adalah manusia.
jadi salah dan benar selalu ada pada manusia.
perlu atau tidak perlu agama, selalu berada pada manusia.
tulisan saya diatas benar atau tidak, adalah selalu bergantung pada manusia.

jadi ujung2nya adalah selalu pada manusia

rezameutia:
not as simple as that.

ds:
simpel atau tidak simpel, yang menilai adalah manusia.