sumber malapetakanya adalah manusia.
dan salah satu malapetaka yang dibuat manusia adalah dengan membuat agama.
agama adalah malapetaka yang mengajak berjalan yang disebut sebagai jalan
benar tetapi kemudian yang tak mau berjalan bersamanya dibilang salah.

bagi yang mau berjalan bersama orang itu maka bisa dianggap teman atau
sahabat atau bahkan lebih dekat daripada itu, mirip sebuah kelompok geng.
masuk komunitas agama memang sama persis dengan masuk kelompok geng yaitu
ada upacara dulu supaya bisa masuk. lalu setelah masuk mesti ada perayaan
bersama/berjamaah, lalu mesti ada tradisi geng yang harus dilakukan dan ada
hari raya geng tsb. mereka yang di luar geng dianggap musuh.

jadi agama dan geng adalah buatan manusia sebagai salah satu cara untuk
bertahan hidup, sebagai salah satu cara untuk memuaskan batin dan
menyenangkan diri. padahal ada banyak cara lain yaitu cara yang tidak
membuat pengotak-kotakkan.