Dalam catatan sejarah justru agama adalah menjadi biang keladi keributan dan
konflik. Yang saya katakan adalah Idealnya, sekali lagi IDEALNYA orang jangan
ribut karena agama, karena yang diributin hanya pepesan kosong, tetapi IDEAL
berbeda dengan KENYATAAN.

malah yang tidak pernah ribut adalah atheist misalnya, karena ternyata agama
bisa menjadi biang keladi keributan, apakah baiknya agama dihilangkan saja
ganti dengan humanisme yang cinta kepada kemanusian tanpa membeda bedakan
bahasa, budaya dll.

Rahayu