Saya repost tulisan saya yang dimut tanggal  24 Dec tahun 2001, hampir sepuluh
tahun yang lalu..

Pasar jalan karena dituruti, lancar kaji karena diulang.

ALIF.

Kita anggap saja dulu bahwa kedua versi al-Mushaf yang ada
ditangan kita (versi Kairo dan Magrib) otentik berisi wahyu
Allah.

Dan kita baca ayat-ayatnya dengan memakai akal dan kejujuran
intelektuil.

Akan segera kelihatan bahwa isinya banyak dongeng, dusta, omong
kosong dan kibulan serta ajaran buas, biadab dan keji lagi kejam
serta suruhan dan larangan absurd..

Saya yakin saya tidak perlu berpanjang lebar hingga titik ini,
karena kalau masih ada peserta mailing list ini yang masih
belum tahu semua ini, maka artinya orang itu tolol atau tidak
punya kejujurn intelektuil.

Lagi pula mereka bisa melihat contoh yang dibeberkan asoka dan
peserta lain - juga saya - di mailing list proletar, istiqlal
atau partai-keadilan yang tidak bermoderator artinya mudah
dimasuki.

BA.

Tapi apakah al-Mushaf itu memang berisi wahyu Allah?

Nggak ada bukti bahwa al-Mushaf itu memang berisi wahyu Allah.

Dengan menurutkan cerita orang Arab selama ini yang berkata
bahwa:

1.Al-Mushaf itu usmaniyah dan

2. 'Catatan aslinya' sudah dihancurkan atas perintah Usman

maka kita TIDAK bisa berkata bahwa al-Mushaf itu memang berisi
wahyu Allah.

Bagi yang belum paham:

1 kita tidak punya bukti bahwa al-Mushaf itu sesuai isinya
dengan "catatan asli'

2. kita tidak tahu apakah catatan asli itu memang berisi wahyu
Allah.

Dan jangan lupa - karena ini amat penting -: Puin mengingatkan
kita bahwa TIDAK ada bukti arkeologis bahwa al-Mushaf itu
memang usmaniyah.

TA.

Lalu sejak tahun 1972 kita punya al-Mushaf Yemen yang
menunjukkan bahwa:

1. Versi al-Mushaf itu banyak

2. Dan isinya suka diubah.

Kesimpulan dari semua ini adalah:

Al-Mushaf itu hanyalah semacam Tambo orang Bedui penduduk Hejaz
yang hidup disekitar abad ke VII atau VII Masehi.

Dan tambo orang Bedui inilah yang dijadikan kitab suci oleh
orang Islam diseluruh dunia.