Baguus...
alif, ba, ta, memang termasuk huruf juga plik.

Tapi bukan itu yang gua maksud.

Yang gua maksud, brantas buta huruf latin aja dulu supaya
situ bisa berkomunikasi sama kita-kita di sini. Jangan bisanya
cuma jejeritan ngawur doang dong.. Kok ketakutan amat orang nggak
percaya situ turunan bonobo...

Percayalah plik, kita semua yakin situ itu begituan.
Tapi kan enak juga ada begituan bisa ngobrol sama kita-kita
manusia. Bisa berkomunikasi tanpa terganggu urusan bentuk,
bunyi & susunan huruf.

Kita maklum situ kelewat tolol, makanya mengartikan "bertukar
kata" secara harfiah. Nih gua ajarin ya, itu maksudnya bukan
tuker-tukeran kata seperti nuker sepeda sama sikat gigi. Tapi maksudnya
menangkap & mengungkapkan pemikiran yang terkandung
(artinya bukan bunting) dalam susunan kata.

Tau nggak apa itu 'pemikiran'?
Itu, yang dihasilkan otak, plik. Perlu ada otak untuk ada
pemikiran. Tapi otak aja nggak cukup. Butuh akal untuk
pemikiran yang sempurna.

Situ punya otak?

Terserahlah. Yang jelas gini aja deh, sebagai sesama makhluk
kita-kita di sini juga senang kok kalok situ bisa berdiskusi
seperti layaknya manusia. Mau bedebat sampe betengkar juga woleh, asal sebagai
manusia yang berpengetahuan & berpengalaman.

Kan lucu plik kalo wawan, grepe, atau musmus udah numpahin segenap
pengetahuannya tapi situ masih repot ajah ama urusan susunan huruf, semantik, &
sintaksis.. Trus kesel, ngamuk, sama susunan & bunyi yang berbeda sekalipun
artinya sama.

Gua kasih tau lagi ya, itu samasekali dungu plik.
Nggak mendorong diskusi jadi maju.

Ngamuk-ngamuk begitu cuma bentuk kegirangan bonobo yang kejeblos di
peju eh salju setebel 1,5 senti.

Karena itu plik, bersungguh-sungguhlah membrantas buta hurufmu.
Lancarin baca-tulis huruf. Yang huruf latin aja dulu.

Kesian kek barang dikit sama wawan, grepe, atau musmus..
Mereka udah sungguh-sungguh serius eh situ masih aja muter-muter di pasar Jl
Kaji sambil bezikir alipbata..alipbata...