--- In proletar@yahoogroups.com, ayub yahya <ayubyahya@...> wrote:

> jawaban yang pertama berat bro..
> dimana "iman" dan "ilmu" harus seimbang..

nggak juga...

kalo kita baca sejarah, ada beberapa ilmuwan yang berasal dari pendeta seperti
copernicus, dan juga ulama dalam islam.  soale, menurut gw, agama itu justru
membuat manusia untuk berpikir, makanya peradaban manusia bersumber dari agama.

cina, arab, india, mesir, inca, peradaban mereka bisa maju seperti itu karena
mereka memang sudah mengenal agama pada saat itu.

anyway, jaman sekarang orang seperti habibie bisa tuh 'iman dan ilmu' nya
seimbang.  keseimbangan antara materi (ilmu) dan spiritual (iman) memang harus
sejalan dan beriringan, bukannya berlawanan.