Bagaimanakah seharusnya guru agama mengajar? Kalao sampeyan menjadi guru ngaji
bagaimanakah sampeyan akan mengajari para santri tentang Israk Miraj dimana di
kisahkan bahwa nabi Muhammad melakukan perjalanan dalam sekejap naik Buroq dari
Masjidil Haram ke Masijidil Aqso terus ke Sidratul muntaha bertemu dengan Alloh
untuk menerima perintah solat. Apakah ini yang sampeyan maksud sebagai
dongengan tolol. Karena sesungguhnya cerita hanyalah sebuah cerita fiksi yang
jelas tidak masuk akal

Atau sampeyan akan membuat rasionalisasi, misalnya dengan mengatakan, Buroq itu
memang hanya kiasan, Buroq itu bermakna mlebu sak jroning rok atao masuk
kedalam baju wanita, yang berarti nabi Muhammad sesungguhnya tidak kemana mana
tetapi berdiam di rumah istrinya, tapi nabi Muhammad melamun dan menghayal bisa
terbang kemana mana. Namanya juga menghayal maka tidak heran dalam sekejap dia
bisa berada di Masjidil Harom kemudian sekejap berikutnya ke Masjidil Aqso dan
seterusnya, wong namanya juga melamun.

Jika sampeyan menjadi guru ngaji, bagaimanakah sampeyan akan menjelaskan kepada
para santri tentang eksodus bangsa Israel dari Mesir menuju tanah perjanjian
yang dipimpin oleh Musa. Dimana dikisahkan dalam pelarian itu Musa memukulkan
tongkatnya ke laut kemudain laut itu terbelah menjadi seperti daratan sehingga
bangsa Israel bisa menyeberang dengan selamat. Inikah kisah dongengan tolol
yang sampeyan maksudkan?

Apakah sampeyan akan mengatakan kepada para santri bahwa kisah ini hanyalah
fiksi, sebab mana mungkin ada tongkat yang ajaib seperti tongkat Musa.
Keajaiban tongkat Musa hanya bisa ditandingi oleh senjata yang fiktif juga
milik prabu Kresna yaitu sebuah senjata Cakra,   keajaiban Cakra sungguh ngedab
ngedabi, saking hebatnya senjata ini bila di arahkan ke gunung , gunung gugur,
segara asat, bantolo mbledag. Karena cakra hanya senjata fiktif, pastilah
tongkat musa juga fiktif. Dongengan ini akan menjadi dongengan tolol apabila
dongeng fiktif dianggap cerita yang betul betul terjadi.

Jika seorang santri mengejar pertanggung jawaban lebih lanjut mengapa ada alat
transportasi yang begitu ajaib dan tidak masuk akal seprti Buroq, jawabnya ITU
KEHENDAK ALLOH, demikian juga dengan tongkat musa yang ajaib dan tidak masuk
akal jawabnya juga ITU SUDAH KEHENDAK ALLOH, dengan demikian ALLOH menjadi
sesuatu yang tidak masuk akal, yang tahayul

Sama tahayulnya dengan pendapat yang mengatakan bahwa wabah ulat di jawatimur
adalah azab Alloh, karena manusia sudah ingkar terhadap hulum2 Alloh. Sama
tahayulnya dengan anggapan yang mengatakan bahwa tsunami di Aceh yang membunuh
jutaan orang adalah Azab Alloh, sama tahayulnya dengan pendapat yang mengatakan
bahwa gempa di Pengandaran, cilapa joga yang menelan korban ratusan orang juga
azab Alloh, karena penduduk pantai selatan masih membuat sesaji sedekah laut
untul nyi Roro kidul. Dengan demikian Alloh menjadi sesuatu yang sangat kejam.

Diatas hanyalah sebagian kecil dari kisah kisah dalam pelajaran agama, tapi
bagaimanapun juga biarlah sampeyan sendiri yang menyampaiakn kisah kisah itu
agar supaya kisah itu tidak menjadi DONGENGAN TOLOL seperti yang sampeyan maksud

Rahayu