lagu "terpanjang" bisa ditinjau dan bermakna banyak hal.

pertama, mengenai durasi putar sebuah judul lagu.

yakni dalam satu (judul) lagu tsb bener2 panjang dari aspek
lirik, musik berikut pengulangannya (refrein) sbg keutuhan.
konon pertimbangan ini lebih didasarkan pada aspek kreativitas
namun sering dianggap bertentangan dgn hukum pasar misalnya
durasi putar radio (airplay) yg mengurangi popularitas lagu tsb.

contoh lagu popular yg dianggap "melawan hukum pasar" akibat
dianggap terlalu panjang, misalnya lagu "hey jude" (bitels).
tapi karena hey jude ternyata bisa popular, maka trend untuk
membuat dan merekam lagu panjang akhirnya bisa diterima umum.

lagu popular utuh yg dianggap terpanjang hingga saat ini adalah
milik iron butterfly berjudul "in a gadda da vida" untuk album
berjudul sama dgn durasi nyaris 20 menit. aslinya ide lagu dan
judulnya adalah "in the garden of eden", tapi lantaran pencipta
dan pemusiknya pada mabok waktu membuat dan merekamnya, jadilah
yg terdengar (lantas tertulis) menjadi "bahasa dari nirvana" tsb.

kedua, lagu sbg kesatuan utuh dari konsep album keseluruhan.

nah ini yg dikenal dgn lagu sebangsa "thick as a brick" miliknya
jethro tull, atau proyek konsepnya steve hillage yg berjudul
"rainbow dome musick". disitu ada sebuah komposisi yg berjudul
"garden of paradise" dgn durasi nyaris 25 menit, yg berarti
nyaris memenuhi satu "space" dlm format kaset c-60 saat itu.
namun lagu "garden of paradise" gk bisa dianggap satu lagu utuh
namun tersendiri (terpisah) krn merupakan satu sequel albumnya.

begitupun dgn lagu "thick as a brick" dari album yg berjudul
sama, sebetulnya adalah lagu utuh dgn durasi 45 menit alias
satu judul tak terputus dgn durasi putar yg tersedia pada plat
piringan hitam. jika lantas dibagi dua bagian menjadi part one
dan part two, itu karena masalah tehnis yakni plat kudu dibalik
ato jika format kaset, kudu dibalik untuk nyambung berikutnya.
maka kalo dalam format cd (digital), ya satu lagu itu akan
diputar nonstop tanpa putus sepanjang 45 menit ampe gempor yg
bercerita tentang puisi kuno dari legenda kaum "jethro".

ketiga, lagu rekayasa yg telah mengalami proses mixing.

biasanya secara umum dikenal istilah extended, dance version,
over-dub, biasanya hasil kerja kreatif para dj dgn turntable.
contohnya fat boy slim yg sanggup mengambil satu bait lirik
milik jim morrison "bird of prey" menjadi satu lagu dansa.
kalo lagu dansa itu di medley, bisa nonstop geleng2 45 mnt ;o)