si tua jusfiq nggak punya akal karena otaknya udah rusak disebabkan udah jadi
junkie dan alkoholik selama puluhan tahun.  si homo item nggak punya akal
karena pacaran sama jusfiq tua yang udah jelas nggak punya akal.

dasar emang bego juga sih si item.

udah tau si jusfiq junkie, alkoholik, pengangguran, dan udah tua pula, tapi
masih dipacarin juga.  si item emang nggak punya akal dah...

========

Akal.

Bila akal berbicara kepadamu, dengarkanlah apa yang dia katakan, dan kamu akan
selamat.  Karena Tuhan tidak memberikan kepadamu pembimbing yang lebih baik
dari akal.  Akal berbicara kepada batinmu, maka kamu akan kuat melawan nafsu.
Akal adalah cahaya dalam kegelapan, sebagaimana kemarahan adalah kegelapan
ditengan cahaya.  Jadilah orang bijaksana.  Biarkanlah akal, bukan nafsu yang
menjadi pembimbingmu.

Namun akal sendiri tidak akan berdaya tanpa pertolongan pengetahuan.  Tanpa
saudaranya, pengetahuan, akal akan menjadi si miskin yang tak mempunyai rumah.
Bahkan cinta, keadilan, dan kebaikan tidak akan banyak berguna jika akal tidak
tidak ada.

Akal tidak seperti barang dagangan yang dijual di pasar.  Betapapun tinggi
harga barang itu, tetap nilainya lebih rendah dari akal.  Akal bukanlah barang
dagangan, tidak ada harga yang mampu membelinya.  Nilai akal itu bersama
kelimpahannya, hanya orang bijaksana yang bisa
memahami nilai akal yang sebenarnya.

Orang dungu hanya melihat kedunguannya, orang gila hanya melihat kegilaannya.
Kemarin aku meminta orang dungu untuk menghitung orang dungu diantara kami.
Dia tertawa dan mengatakan, "Ini adalah pekerjaan yang terlalu sulit untuk
dilakukan, dan akan menghabiskan waktu terlalu lama.  Bukankah lebih baik bila
menghitung orang bijak?"

Ketahuilah nilai dirimu sendiri yang sebenarnya, dan kamu tidak akan binasa.
Akal adalah cahayamu dan menara api Kebenaranmu.  Tuhan telah memberikan
pengetahuan kepadamu, sehingga dengan cahayanya kamu tidak hanya bisa
menyembah-Nya, tetapi juga mampu memahami kekuatan dan kelemahanmu.

Masing-masing hari mengawasi kesadaranmu dan merubah kesalahan kesalahanmu.
Jika kamu gagal dalam menjalankan kewajiban ini, kamu akan menjadi kesalahan
bagi pengetahuan dan akal yang ada dalam dirimu.

Jagalah kewaspadaan matamu untuk mengawasi dirimu seolah kamu adalah musuhmu
sendiri, karena kamu tidak akan bisa belajar mengatur dirimu.  Kecuali kamu
harus terlebih dulu belajar mengendalikan nafsu-nafsumu sendiri dan mematuhi
perintah dari kesadaranmu.

Seorang terpelajar mengatakan, "Setiap kejahatan memiliki obatnya sendiri,
kecuali kedunguan".  Menegur orang dungu yang keras kepala itu seumpama menulis
diatas air. Jesus Kristus mampu menyembuhkan orang buta, pincang, lumpuh, dan
penderita kusta.  Namun orang dungu tidak akan bisa dia sembuhkan.

Tuhan tidak melakukan kejahatan.  Dia memberi akal dan pengetahuan kepada kita
sehingga kita bisa dibimbing untuk melawan perangkap perangkap kesalahan dan
kehancuran.  Beruntunglah mereka yang telah dianugerahi akal oleh Tuhan.

Kahlil Gibran

1883 - 1931

=====