Assalamu'alaikum wr.wb.

Sanak sutan..., saya nggak ingin mengganggu diskusi
sanak dengan mak basrihasan ini.
Tapi saya tertarik dengan pendapat sanak bahwa Islam
itu bukan demokrasi dan tidak ada itu "agree for
disagree"
Bahwa semua harus "agree" tak dapat tidak tanpa
kecuali...

Eh kita bicara dalam konteks apakah ini...?
Saya setuju kalau kita berbicara tentang keimanan dan
ketauhidan bahwa tak ada kata demokrasi untuk itu...

We have to agree, no matter what. Bahwa Allah itu Esa
dan Nabi Muhammad rasulnya Allah...

Tapi kalau bicara tentang kepemimpinan dan hal2 lain
menyangkut keduniawian,dan hal2 lainnya. Kok rasanya
kurang tepat kalau dikatakan Islam tidak demokrasi.

Seingat saya setelah nabi wafat, sewaktu mencari
pengganti yang memimpin umat, maka cuma Abu Bakar
sajalah yang langsung di ba'iat tanpa proses
pemilihan..., sedang untuk selanjutnya sejak umar,
usman, ali. Selalu melalui proses pemilu..., artinya
calonnya lebih dari satu.

Disini kita bisa lihat bahwa ada proses demokrasi
dalam Islam..

Sedang hal hal lainnya menyangkut keduniawian, rasul
malah menyerahkan kepada kita2 yang ahli.., sesuai
dengan riwayat nabi ketika nabi mencontohkan bercocok
tanam, namun akhirnya hasilnya kurang berhasil.

sekian sanak sekedar pendapat. lebih dan kurangnya
harap dimaafkan.

wassalamu'alaikum wr.wb.

Adrisman