Ketahuilah, dosa itu dapat mencegah turunnya hujan,
walau hanya dilakukan oleh satu orang saja.
          Pada suatu hari Nabiyullah Musa Al-Kalim AS,
keluar untuk memohon hujan bagi bani Israil. Ini
adalah yang ketiga kalinya beliau memohon, namun hujan
tak kunjung datang.
          “Ya Tuhan, kali ini jangan jatuhkan namaku
di kalangan bani israil, aku adalah kalim-Mu.”
          “Ya Musa, bagaimana aku dapat menurunkan
hujan, sedangkan di antara kalian ada seorang
pendosa.”
          “Beritahu aku siapa dia. Akan kukeluarkan
dia dari kelompokku.”
          “Tidak, tapi umumkanlah kepada mereka,
‘Wahai lelaki yang suka bermaksiat, keluarlah kamu
dari kelompokku, karena kamulah hujan tidak turun.”
          “Bagaimana mereka dapat mendengar suaraku,
sedang jumlah mereka sangat banyak.”
          “Tugasmu hanya berseru, Aku nanti yang akan
menyampaikan suaramu ke telinga mereka.”
          Nabiyullah Musa kemudian berdiri dan dengan
suara lantang mengumumkan, “Wahai orang yang suka
bermaksiat, keluarlah kamu dari kelompok kami,
sesungguhnya karena kamu hujan tidak turun.”
          Si pendosa menoleh ke kanan dan ke kiri,
namun tak melihat seorang pun berdiri. Ia letakkan
kepalanya di antara kedua kakinya, lalu berkata,
“Tuhan, jika aku berdiri, namaku akan ternoda di
kalangan bani Israil. Karena itu, aku bertobat
kepada-Mu.”
          Seketika itu juga Allah mengirimkan mendung
yang tebal dan hujan pun turun.
          “Ya Allah, tadi Engkau berkata bahwa Engkau
takkan menurunkan hujan sebelum orang yang bermaksiat
itu keluar dari kelompokku. Mengapa sekarang Engkau
turunkan hujan padahal orang itu masih berada di
antara kami,” tanya Nabi Musa AS.
          “Sesungguhnya hujan ini Aku turunkan karena
orang itu. Dia telah bertobat kepadaku-Ku.”
          “Beritahulah kami siapa dia, agar kami dapat
memuliakannya.”
          “Telah kututupi aib-aibnya sewaktu
bermaksiat, Aku pun sekarang akan menutupi
kemuliaannya setelah ia tobat,” jawab Allah. (I:145)

Habib Muhammad bin Hadi bin Hasan bin Abdurrahman
Asseqaf, Tuhfatul Asyraf, Kisah dan Hikmah, Putera
Riyadi.