> ----------
> From:         panggugek panggugek[SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
>
> Mungkin anda benar, saya tidak lagi bisa menangkap api islam.

Tidak bisa, tidak mau, tidak ingin...etc. itu hak anda untuk menyatakannya.

> Tetapi, apa salahnya saya melihat sesuatu itu dari sudut yang berbeda?

Sepanjang untuk diri anda sendiri, tidak salah dan tidak ada masalah...

> Kebanyakan orang setuju atau tidak, itu adalah urusan masing-masing.

Gampangannya memang begitu... tetapi anda sebagai anggota suatu
komunitas (milis RN) tentu harus menuruti aturan/tatatertib yang berlaku
di komunitas tersebut... tidak asal njeplak aje kate orang betawi..

> Yang ingin saya tegaskan sekali lagi bahwa penghuni dunia ini bukan
> hanya orang minang, bukan hanya orang islam.....

Tapi minimal secara kultural batas-batas komunitasnya sudah ada.

        .... dan kita hanya kebetulan saja terlahir sebagai orang minang dan
> bukan kehendak daripada diri sendiri.

Rasanya memang belum pernah terdengar sesosok janin ingin mengatur
dimana dia ingin dilahirkan... Tetapi setelah anda dewasa, anda bebas
koq memilih ingin tetap jadi orang Minang/Islam atau tidak... tinggal
menanggung konsekwensinya saja.

> Tuhan juga mahakuasa melahirkan umatnya dan memaksa mereka
> menyembah-nyembah kepadanya.

Kalau Tuhan berkehendak memaksa hamba2Nya untuk menyembahNya
maka logikanya hanya ada satu agama/kepercayaan saja di bumi ini
yaitu agama yang "dipaksakan" itu, nyatanya.....
Sekali lagi jangan asal njeplak aja bung....

-tg-