Server mailing list RantauNet berjalan atas sumbangan para anggota, simpatisan dan
semua pihak yang bersedia membantu. Ingin menyumbang silahkan klik:
http://www.rantaunet.com/sumbangan.php

Waalaikumsalam.Wr.Wb.

Dokter Andria Yth.

Setahu saya yang dinamakan " MANUSIA ",Tidak pernah
terlepas dari unsur Jasad,Ruh,Jiwa,dan Aqal.kalau
tidak ada keempat unsur tersebut,tidak dinamakan
manusia,bisa jadi monster-monster yang mengerikan.Atau
Boneka yang dipajang,dan menjadi mainan anak-anak.

Jadi Kata " Manusia  ",sudah jelas semua unsur yang
ada pada manusia,tidak bisa dipisahkan.kalau kita
menyebutkan " komputer ",apakah bisa kita sebutkan
komputer,kalau yang kita sebutkan hanya satu,atau dua
komponen-komponen yang ada di komputer itu.Begitupun
tatkala kita menyebutkan " buah apel " ( ada daging
buah,tangkai buah,biji,dan kulit buah apel ),"
setangkai bunga ( putik,benang sari,mahkota
bunga,dasar bunga,kelopak bunga,kelenjar madu,tangkai
bunga,meski beda,antara bunga jantan dan bunga betina
) ",tentu semua unsur-unsur yang membentuk bunga  dan
apel itu,ngak bisa dilepaskan dari dalam diri bunga
dan apel tersebut.

 Lain hal,kalau cuman dibilang,Kulit Apel rasanya
seperti rasa kulit Jambu.Seperti inilah Bisa jadi
disebut," Watak,sifat sebagian Manusia,mirip dengan
hewan ( itupun bukan kata saudara yang dipakai
),karena berasal dari unsur kimia yang sama ".Ini bisa
jadi diterima oleh aqal kita yang waras.

Tapi kalau dikatakan,hanya karena berasal dari
unsur-unsur yang sama,maka " MANUSIA BERSAUDARA DENGAN
BABI ATAU SAPI,ATAU HEWAN LAINNYA ".Jujur saja pak
Dokter rahyussalim dan dokter Andria Agustia,saya
kurang setuju.

Ini Sebabnya saya menanyakan " Kenapa MANUSIA,
dikatakan bersaudara dengan hewan ?( kata bersaudara
sudah saya jelaskan,jelas donk kita beda dengan
hewan,karena dari kata Manusia itu sendiri tidak
mungkin terbentuk tanpa unsur-unsur jasad,ruh jiwa dan
Aqal )Kalau ngak begitu saya kira ngak dikatakan
Manusia.( baru lain lagi pembahasannya ).Ini karena
kata MANUSIA itu sendiri.Apalagi dengan pakai
Bersaudara dengan babi,atau sapi.Kata bersaudara nya
lagi.

Apakah ada dikatakan " Manusia " menurut dokter tanpa
unsur-unsur yang saya sebutkan diatas ? Jujur,saya
pribadi tidak setuju,kalau saya dikatakan
Manusia,tanpa ada unsur-unsur diatas.Kita punya
aqal,kita punya Ruh,dan kita punya jasad,jiwa.kalau
ngak ada unsur diatas,saya ngak setuju dikatakan
Manusia.( kecuali kalau kita sudah mati ).

Ini sebabnya dari awal pembahasan masalah Ilmiyah
ini,saya sering mengatakan,jangan sampai
mengesampingkan dengan ilmu-ilmu yang diberikan oleh
agama ( Allah Ta'ala,Al Qur'an ).Agar segalanya tidak
timpang.

Demikian penjelasan dari saya,semoga kita semua juga
faham maksud saya sebenarnya.

Wassalam.Rahima.

.

http://shopping.yahoo.com