Erwin, sedikit dari cerita yang saya peroleh dari ayah saya yang masih
mengalami pendidikan surau dapat saya ceritakan begini. ketika dalam kehidupan
bermasyarakat Minang ketika itu terutama setelah ABS –SBK menjadi landasan
berpikir dan bertindak atau the way of life masyarakat minangkabau maka peran
surau ini sangat sentral menggantikan gelanggang yang dulunya tempat menyabung
ayam dan berjudi. Ketika seorang anak laki2 beranjak dewasa maka aib bagi
mereka untuk tinggal serumah dengan Ibu mereka. Mungkin hal ini juga didorong
oleh kenyataan bahwa dirumah gadang tidak tersedia kamar bagi anak laki2 dewasa
sehingga rasa malu apabila bercampur dengan saudara perempuan atau ipar laki
laki.

  Sesungguhnyo pola menjauhkan anak dari ibunya ini dulunya adalah salah satu
ide plato. Dalam kartanya yang terkenal Republic ia menyebut bahwa pendidikan
terbaik yang ideal adalah jika anak dan Ibu dipisah sejak awal karena akan
menumbuhkan pikiran2 anak berdasarkan bakatnya sendiri.  Ini bisa dikatakan
masyarakat idealis-utopis. Hal yang ditiru oleh Lenin di rusia dan mao dichina
dimana sejak bangun tidur anak2 diharuskan baca buku merah, kitab suci Mao.
APakah pola kemasyarakatan  ini pengaruh ide plato atau Mao ? saya tak bisa
memastikan.

  Sehingga anak laki yang beranjak dewasa ketika sore hari sudah berkumpul
disurau, biasanya di awali dengan permainan ketangkasan dsb. Setelah maghrib
mereka mengaji atau membaca Al Quran kemudian setelah sholat Isya anak2
perempuan dan laki2 yang belum dewasa pulang kerumah sedangkan yang dewasa
tinggal disurau untuk memperdalam “kaji” apakah itu kitab kuning bertulisan
arab gundul hingga ke adat, budaya, sejarah dan lainnya. Selain pengetahuan
tersebut mereka juga diajarkan silat beserta philosofi yang terkandung
didalamnya.

  Singkat kata anak laki2 yang jenius muncul dengan bakatnya masing2 apakah itu
agama, sosial, sejarah bahkan politik. Syukurnya lagi penjajah belanda ketika
itu sering mensekolahkan pemuda yang mereka anggap pintar kenegeri Belanda
antara lain Tan malaka sehingga akhirnya mereka muncul menjadi tokoh nasional
satu persatu, Agus Salim, Hamka, Natsir, STA, Hatta.

  Jadi disini peran adat dan budaya jelas, dimana anak laki2 “malu” tinggal
dirumah sehingga memilih surau sebagai tempat tinggal dan belajar adalah aspek
sentral dalam menghasilkan dan menyeleksi pemuda yang jenius dan berpendidikan.
Bandingkan dengan di Jawa dimana yang mendapat pendidikan hanyalah keturunan
priyayi saja sementara di Minangkabau semua lapisan masyarakat mulai miskin
hingga kaya mendapat kesempatan sama disurau.

  Lanjut ke kondisi sosial politik ketika itu, jaman perjuangan kemerdekaan
yang berawal dari berdirinya Budi Utomo membutuhkan pemuda yang cerdas dan
berpendidikan. Suatu kondisi ideal bagi pemuda Minangkabau yang pola pikir dan
pengetahuannya ketika itu “lebih” dibandingkan pemuda  daerah lainnya. Pemuda
Minang yang ikut dalam organisasi dan pergerakan akhirnya muncul sebagai
pemimpin dan tokoh baik dalan pergerakan, perjuangan kemerdekaan hingga awal
membangun sebuah negara yang bernama Indonesia.
  Jadi kesimpulannya kurikulum surau itu yang juga dilengkapi oleh pendidikan
formal di luar negeri menghasilkan pemuda yang berpengetahuan lebih dibanding
orang kebanyakan . paling tidak bisa membuka diri bagi dunia luar sehingga
muncullah pemuda yang paham tentang agama (hamka, Natsir), ideologi2 besar
sosial dan politik serta ekonomi (Tan Malaka, STA, Syahrir, Hamka) . keunggulan
pemuda minang itu disempurnakan oleh jaman pergerakan yang membutuhkan orang2
seperti mereka yang menguasai agama , ide2 besar dan politik (the right man on
the right place).

  Lalu bagaimana semua keunggulan itu kemudian hilang ? tidak ada lagi atau
jarang sekali muncul pemuda Minang yang muncul menjadi tokoh nasional. Antara
lain karena memang faktor surau yang sudah tiada. Namun tidak sepenuhnya juga
faktor itu, seandainya surau masih ada, masyarakat Minang belum tentu akan
semenonjol era pergerakan dulu karena masyarakat Indonesia lainnya juga sudah
mendapatkan pendidikan yang merata bahkan mungkin secara kesempatan dan
kualitas mengalahkan pendidikan surau.

  Segitu dulu Erwin, mengenai pola hubungan ranah-rantau memerlukan pembahasan
tersendiri.

  Salam

  Ben

Erwin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Ben, saya jujur ingin mendengar cerita tentang episode surau ini dari
orang-orang yang mengetahui secara persis atau pelakunya langsung.
Sudah lama rasanya.....sejak mendengar cerita terakhir dari seorang anggota
surau,
ceritanya pun, sayang, samar-samar saya terima

wassalam
erwin

On Monday 02 April 2007 12:06, benni inayatullah wrote:
> Waalaikumsalam Erwin..
>
> saya akan komentar sedikit saja, kebetulan Otak masih menikmati sensualitas
> liburan kemarin yang saya manfaatkan sebiak baiknya.
>
> mungkin akan lebih berguna jika erwin memberikan analisa dengan titik tolak
> dari kurikulum surau sehingga melahirkan orang seperti apa. trus
> dihubungkan dengan situasional ketika itu..bagaimana sosialnya, bagaimana
> politiknya termasuk jaman perjuangan ketika itu membutuhkan orang orang
> seperti apa dan menguasai bidang apa. sehingga nanti ada korelasi antara
> [...]

Looking for earth-friendly autos?
 Browse Top Cars by "Green Rating" at Yahoo! Autos' Green Center.