salam
  malakok.
  saya ingat ada seorang dosen di ikip padang yang meraih kesarjanaan s-1nya
terkait masalah malakok, dgn daerah penelitian kalau tak salah sekitar lubuk
alung. kemudian s-2nya dengan daerah peneltian di sitiung. kini dia ambil
s-3nya di universitas utara malaysia, juga dengan fokus ke malakok.
  saya melihat, malakok hanya bentuk lain dari dimana bumi dipiajk  di sana
langit dijunjung bagi orang minang yang merantau. maka bagi pendatang ke ranah
minang, bentuk itu adalah malakok. paling tidak sebagai minoritas, si pendatang
akan membaur dengan penduduk asli agar kehidupannya berjalan lancar.
  justru, prinsip malakok ini banyak dijalankan para inovator untuk mengubah
cara pandang penduduk asli. termasuk kekalahan rakyat aceh dari belanda, karena
orang belanda mengutus ahli dan malakok di sana. karena pandai baca dan tulis
arab, dalam malakoknya, akhirnya langsung percaya penduduk aceh. dan mudah
diketahui taktik dan strateginya, dan tentu saja kalahlah mereka.
  tapi apa benar malakok ini, yang biasanya dpakai public relations officer
untuk mencapai tujuannya, amat mujarab?
  WALLAHU ALAM BISSAWAB
  salam
  iwan soekri

"a.arifianto" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
    salam,

  baru2 iko.. wak dapek pataruih dari apak... kalau dari adat minang ada 3 apak
yang saya miliki 1 ayah kandung, 2 ayah krn sdr laki2 ayah saya... jadi saya
memanggil beliau pak adang n pak etek...

  beliau menyinggung malakok... ada yang tahu?

  mohon maaf dek karano kurang2 kato ndak lamak di baco...

  salam,

  jabok
kecek urang minang di german, auf wiedersehen...

bandaro <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

  Haaa...  iyo lo du mak Sati.  Jauah pandangan mak.
  tagalak  surang jadino.

  Wass
  mak Ban
  bogor