ZUL FIKRI <[EMAIL PROTECTED]> wrote:    Dari buku nan ambo baco dan internet
ambo bisa menangkap bahwa Tuanku Imam ini sebenarnya bukanlah seorang yang
berlatar belakang militer sebenarnya, namun seorang pemuka agama islam yang
sangat disegani.  ... [deleted] Namun di tengah jalan beliau terpaksa harus
mengangkat senjata karena gangguan dari kaum adat, jadi saya tidak setuju kalau
dikatakan bahwa beliau adalah seorang yang memberontak kepada penguasa.

  Sanak Zul, saya rasa masalahnya bukan "setuju atau tidak setuju", tapi ini
tergantung kita melihatnya dari sisi mana. Kalau dari sisi kaum adat waktu itu,
plus Belanda, ya beliau ini jelas pemberontak. Kalau dari sisi pemerintah
Indonesia beliau itu Pahlawan Nasional. Dari sisi agama - seperti anda sebutkan
- beliau seorang pemuka dsb dsb.

  Kembali ke topik yang kita diskusikan sebelumnya. Saya tidak punya data, tapi
mungkin benar jika dikatakan bahwa "kelakuan" sebagian orang jaman sekarang
sama dengan yang ada di jaman sebelum Perang Paderi. Jadi tentunya ini menarik
untuk dipelajari.

  Tapi, kembali ke pertanyaan sebelumnya, apakah kalau "kasus nya sama,
treatment nya juga sama?" Kalau tidak harus, tentunya ada bagusnya jika
berbagai alternatif lain yang justru di explored.

  Wassalam,

  Riri