Rahima <[EMAIL PROTECTED]> wrote:    ...[deleted]

Mohon jangan dijadikan polemik komentar saya yang
dibawah ini, bukan apa-apa, untuk berpolemik saya ngak
punya waktu untuk itu.

  Tentunya saya sangat menghargai keterbatasan waktu anda, sehingga anda ga
punya waktu untuk berpolemik.

  Memang ada kalanya waktu kita sangat terbatas, seperti yang saya alami
sekarang ini. Sedemikian terbatasnya waktu saya, jangankan untuk berpolemik,
untuk membaca posting anda sampai selesai pun saya sudah tidak sempat lagi.

  Riri

Saya hanya ingin menyampaikan apa yang saya lihat dan
saya rasakan sendiri di ranah Minang ini, yaitu Sumbar
khususnya Bukittinggi, luar biasa kekagetan saya
melihat dimana-mana saya bepergian, maka anjing
berkeliaran.

Saya kaget, bukan apa-apa. Agak terasa heran rasanya,
kita masyarakat Minangkabau yang sangat kental dengan
Islamnya, koq justru malah di daerah inilah saya
sangat banyak melihat anjing berkeliaran di pelihara
orang.Ia jelas muslim, tapi saya kaget koq pelihara
anjing?.Ok alasannya untuk menjaga rumah atau berburu?

Sungguh, saya sulit sekali ke mesjid pada malam atau
pagi hari, hanya dikarenakan disekitar saya
berkeliaran anjing-anjing. Saya sampai pernah melompat
keatas mobil orang akibat ketakutan sama segerombolan
anjing pagi-pagi. Bahkan saya sampai pernah lama
menunggu orang datang untuk sampai kerumah saya,
akibat anjing-anjing berkeliaran juga.

Aneh bin ajaib, alias aneh tapi nyata, saya 15 thn
hidup di P.Siantar yang notabene Kristen, tetapi
anjing sangat jarang saya temukan, sehingga akan
memudahkan saya untuk shalat subuh ke mesjid atau
jalan.

Dan lebih kaget lagi saya lihat, di Sumbar ini, di
lapau-lapau kecil, masih sering atau boleh dikatakan
banyak lelaki-lelaki berkumpul main judi, sampai malam
hari.Saya heran, apa ngak sayang mereka akan waktu
itu, bukankah Islam sangat memperhatikan akan kegunaan
waktu, sampai ada ayat khusus mengenai waktu
ini?(Lagi-lagi ABSSBK), saya pikir.

Belum lagi sampah-sampah berserakan ditepi-tepi jalan
Bukittinggi, dipasar-pasar, padahal ciri khas muslim
adalah selalu menjaga kebersihan itu, mana makanan
terbuang dan tersisa.Padahal Islam sangat melarang
sikap mubazir, karena mubazir temannya syetan.

Dan masih sangat banyak lagi prilaku kita masyarakat
Indonesia, khusunya Minangkabau yang katanya ABSSBK,
namun pada aplikasi ataupun praktek kehidupan
sehari-hari tidak mencerminkan sikap seorang Muslim
yang utuh. Justru sikap bersih, hemat, pandai
mempergunakan waktu ini malah lebih dimiliki oleh non
Muslim. Ada apakah gerangan yang terjadi dalam diri
Muslim Indonesia, khususnya Minangkabau ini.
Anjing-anjing berkeliaran, judi berserak dimana-mana,
sampah bertebaran, asyik membuang-buang waktu dan
masih banyak lagi yang perlu diketengahkan, kotak
kantong akan berlimpah bila membicarakan semua ini.

Ada apakah gerangan dengan diri kita sendiri,
masyarakat kita Islam ini, khususnya masayarakat
Minangkabau yang katanya ABSSBK ini? Entahlah hanya
rumput bergoyang yang bisa menjawabnya.

Wassalamu'alaykum.Rahima Sikumbang Sarmadi.

--- Ahmad Ridha wrote:

> Wa'alaykumus salaam warahmatullah,

> kota Padang.
> >

> Yang penting tu jangan sampai kita memelihara anjing
> tanpa keperluan,
> apalagi di dalam rumah.
>
> Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa Sallam bersabda
> (yang artinya):
>
> "Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya
> terdapat anjing dan
> lukisan" (HR. al-Bukhari dan Muslim)
>
> "Barangsiapa memelihara anjing, selain anjing
> pemburu atau penjaga
> tanaman dan binatang, maka pahalanya akan berkurang
> setiap hari satu
> [...]

 GPS? Comic books?
Check out fitting gifts for grads at Yahoo! Search
http://search.yahoo.com/search?fr=oni_on_mail&p=graduation+gifts&cs=bz