Sanak Alimin yth, Perlu klarifikasi sedikit nih. Saya tak meminta adat
diseragamkan. Hanya karena begitu banyaknya variasi dalam adat Minangkabau,
misalnya tentang panggilan 'datuk' yang dibicarakan sekarang,  keadaannya
lumayan membingungkan, sehingga saya yang sudah berumur 71 tahun ini saja
merasa masih banyak yang saya belum tahu.

Salah satu sebabnya mungkin karena belum ada buku petunjuknya. Oleh karena
itulah, saya menyarankan agar ada  manual [= buku petunjuk, tak lebih tak
kurang] yang standar dan kita sepakati bersama tentang bagaimana cara memahami
Minangkabau, termasuk tentang panggilan datuk ini

Bagi beliau-beliau yang sudah lengkap pengetahuannya tentang Minangkabau, tentu
manual ini sama sekali tak diperlukan.

Wassalam,
Saafroedin Bahar (70+1+23)

lex_alimin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Lah..Kenapa pula ragam adat itu musti diseragamkan ? Bukankah adat
dan budaya tumbuh dr beragamnnya pola interaksi masyarakat ? Semakin
beragam maka semakin indah budaya itu

Aya aya wae ah..Kayak zaman orde baru saja..Semua hrs seragam dalam
penataran p4...Jangan kita sampai mengingkari kodrat kemanusiaan
dong..

Regards

Alimin
Na sadiang banyak bazikir mangana iduik ka mati..Dunia hanyo urusan
salincam
--- In [EMAIL PROTECTED], "Dr.Saafroedin
BAHAR"  wrote:

> Assalamualaikum w.W. Nanda Auliah, Nanda Hanifah dan para sanak sa
Palanta,

>   Nah, cepat atau lambat nampaknya perlu disusun semacam manual
Yang standar dan kita sepakati bersama tentang adat dan masyarakat
Minangkabau yang kelihatannya lumayan heterogen juga ('adat salingka
Nagari'). Bila tidak ada memang bisa-bisa kita jadi lumayan bingung.

>   Wassalam,
>   Saafroedin Bahar

Building a website is a piece of cake.
Yahoo! Small Business gives you all the tools to get online.
Website: http://www.rantaunet.org