Assalamualaikum wr, wb....

Dunsanak kasadonyo ,

Alhamdullilah alah agak sela sangenek kesibukan ambo , mohon maaf
Dunsanak....
Ambo baru bisa melaporkan hasil pertemuan Jumat kapatang 18 January 2008
berlangsung dari jam 19.00 - 22.00 Wib. jo Kepala Dinas Pariwisata Provinsi
SUMBAR Bapak Prof DR Ir. James Hellyward nan didampingi Kepala  Museum ,
Seksi Promosi , Kasubdit PW Sumbar.

Dari 20 seat yang sudah disediakan berdasarkan konfirmasi , ambo telah
memesan lebih yakni 30 seat , ternyata respon dari dunsanak luar biasa ,
yang hadir lebih dari 40 orang dan tercecer hingga ke ruangan sebelah , ini
menandakan sebuah kepedulian dunsanak nan tinggi , sebagai penyelenggara
mohon maaf bagi dunsanak nan indak dapek terlayani dengan baik, seandainya
ambo dapek konfirmasi lebih awal , mungkin ambo dapek memfasilitasi tampek
nan lebih nyaman.....nampaknyo budaya konfirmasi harus dibiasokan, acara
berlangsung tapek waktu nan talambek hadir , tapaso duduak diruangan sebelah
karena terbatasnya tampek, namun dapek turuik sato mandanga pembicaraan nan
berlangsung...jadi kalau ado nan salah kutip ya dimaklumi sajolah.

Nan hadir selain Jajaran Pengurus MAPPAS Pusat ,dan MAPPAS Sumbar,  ado Dari
Depbudpar Bapak Saiful Abbas, ado Bapak H.Kodhyat tokoh dan pemerhati
Pariwisata dari Lembaga Studi Pariwsata Indonesia, Uni Erwiza Erman Phd dan
Uni Sumbidani MA peniliti dari LIPI, Wartawan dari Singgalang , Padang
Ekpress, Metro TV, Perusahaan Consultant, juga dari MPKAS Da Noffrins dan
Mak Darul, ado juga Ketua dan Sekjen dari Taragak Basuo, Dan Dt Marah Bangso
Moderator milis RGM-GM nan alah menyampaikan sacara langkok hasil pertemuan
tsb, tarimo kasih mak Datuak Marah Bangso ateh informasi pandahuluannyo.

Sesuai rencana awal bahwa pertemuan ini bersifat silaturahmi informal,
sambil mendengarkan pemaparan dari Kadisbudparprov yang dipandu oleh
Moderator sanak Arif Rangkayo Mulie , Karena keterbatasan wakatu,  saran dan
masukan dari dunsanak tidak dapat tatampuang kasadonyo, tapi diharokkan pado
kesempatan nan tun untuk dapek mengungkapkan dan mangaluakan raso galingaman
nan salamoko manumpuak dikapalo baik secara lisan atau tatulih .

Sebelum memulai acara dengan rendah hati Bapak James Hellyward menyampaikan
pemohonan maaf apabila kinerjanya dinilai kurang sempurna , kecek beliau
kami diamanatkan oleh rakyat untuk mengemban tugas mulia ini , dan beliau
menyampaikan sudah lama menginginkan bertemu tatap muka dan menghimbau
dengan sangat, mulai hari ini dan seterusnya,  jangan lagi ada yang menjelek
- jelekkan dan menghujat orang lain karena belum tentu apa yang kita perbuat
lebih baik dari yang lain , silahkan sampaikan saja secara terbuka dia siap
menerima segala  saran kiritik dan masukan bagi pembangunan Pariwisata
Sumbar , mari kita berpikir bersama dan bekerja bersama.

Beliau dalam pemaparannya menyampaikan Visi  Sumbar mendatang  dan
bagaimana Pariwisata Sumbar menjadi  contoh  bagi propinsi  lain  untuk
program kegiatannya serta 10 event Sumbar masuk dalam  program Visit
Indonesia Year 2008, beliau menyatakan tidak pernah memberikan Statement
bahwa target Sumbar 1 juta wisatawan , dia heran kok bisa berkembangnya isu
tersebut , Bapak Menteri saja menargetkan 7 juta wisatawan , alangkah
beraninya Sumbar dgn target 1 juta ? , beliau juga menjelaskan tentang
promosi dan publikasi di Media Cetak dan Elektronik , bisa dilihat di
seluruh airport TV yang ada di Bandara International , saat ini Sumbar sudah
masuk dalam promosi tersebut, dan untuk meningkatkan Image Sumbar juga sudah
membangun toilet mewah di Bukik Tinggi, Harau, Padang Panjang , baru mampu
membangun 3 toliet yg menghabiskan dana 160 juta, beliau menjelaskan bahwa
segala sesuatu aktifitas bergantung kepada anggaran yang ada, dan semua
sudah dalam program yang terencana, jadi mohon maaf kalau tiba - tiba
dunsanak dadakan datang ke Budpar menyodorkan program tidak mendapat
dukungan, ya karena tidak teranggarkan  , mengenai perjalanan keluar nagari
beliau menjelaskan bahwa kalau berpromosi dibalik semak saja ...bukan
promosi namanya , dan perjalannnaya ke Dubai bahwa beliau membawa misi
promosi tidak hanya Sumbar tapi Indonesia secara menyeluruh dan itu biaya
dari Pusat bukan dari Sumbar , plus point tentunya buat Sumbar yang terpilih
mewakili Indonesia karena religinya, dan isu yang berkembang kadisbudpar
kerjanya hanya jalan - jalan saja , beliau mengingatkan cobalah selalu
berprasangka baik , mari berpikir positif , kecek beliau " Ambo memaafkan
semua hujatan yang disampaikan kabakek Ambo karena ketidak tahuan ".

Menurut data kunjungan wisatawan ke Sumbar tahun 2007 ini lebih baik dari
2006, mohon dukungan dari seluruh Dunsanak  untuk tahun 2008 , mudah 2an
lebih baik lagi , beliau juga menyampaikan bagaimana  sulitnya memberikan
pemahaman kepada  masyarakat bahwa Pariwisata Sumbar,  memiliki dampak bagi
kesejahteraan masyarakat , dan masyarakat belum siap menerima wisatawan out
bond dan inbond, perlu sosialisasi sadar wisata kepada masyarakat, kesiapan
SDM yang masih rendah perlu ditingkatkan, tidak henti - hentinya beliau
mengajak mitranya di masing - masing daerah untuk  membenahi Pariwisata ,
dan juga menghimbau masing - masing daerah untuk bersiap - siap menghadapi
pulang basamo 2008, yang diusulkan untuk di Blow up sebagai Icon promosi
Sumbar , beliau menginformasikan  icon  cenderamata  Sumbar  adalah  Rumah
Gadang.

Komunikasi yang disampaikan secara langsung lisan menghasilkan  nuansa yang
sangat berbeda , karena disana ada tatap muka , ekpresi, body languange dan
dapat dicapai kesepahaman , coba ketika hal yang sama disampaikan secara
tertulis , dengan bahasa tulisan , akan beda hasilnya, seperti yang
diutarakan oleh Kanda Noffrins beliau terus terang mengakui cukup kritis
selama ini , walaupun dalam keseharian bersahabat dengan Kadisbudpar dan ini
semua untuk kebaikan bersama, marilah bersama kita saling mendukung dan
mengkritisi selama itu sehat dan dalam kewajaran tidak keluar dari rambu -
rambu, tolong sampaikan pada forum yang tepat, karena bila tidak tepat akan
percuma saja tidak menghasilkan apapun, malah merupakan publikasi buruk ,
berkaitan dengan image dan Citra Sumbar , bila Sumbar terpuruk khan yang
terimbas dan yang merasakan juga saudara - saudara kita di Ranah , sekarang
apa yang dapat dikontribusikan oleh rang Rantau mari kito bakarajo samo
untuk pembangunan Pariwisata Sumbar , masih banyak yang paralu dibenahi dan
ambo indak mampu untuk bakarajo surang ajaknya .

Demikian pemaparan yang disampaikan oleh Beliau dan soft copynya ado di
Ketum MAPPAS bagi yang berminat bisa japri ,memorynyo gadang beko meleduk
pulo kompor dunsanak , kito jangan terlena dunsanak atas pemaparannya
demikian disampaikan  oleh sang moderator Sanak Arif Rangkayo Mulie sbg kata
penutup dan mungkin bisa manukuakkan sekilas laporan  singkek ini .

Salam,
Nuraini
  _____