*kkn di iii koto aur malintang utara*

Wednesday, June 13th, 2012

lebih sudah rasanya 10 hari berada di nagari iii koto aur malintang utara
di kabupaten padang pariaman..

terasa jauhnya dari ayah bunda..

terasa susahnya memasak..

terasa susahnya hidup dalam keminiman…

namun dengan ini banyak hikmah yang ku dapat..

mulai dari persahabatan, kekompakan, keimanan, serta IMPIAN…

ya.. kita sama sama tau lah.. yang namanya datang ke negeri orang apalagi
di pelosok.. gak asing lagi dengar adanya hantu hantuan di rumah yang
ditinggalin serta gangguan di malam hari oleh orang yang tidak diketahui…

dan itupun terjadi pada kami..

sinyal yang tak ada.. lampu yang sering matri… serta hal lainnya… telah
kami rasakan..

dan itu sungguh telah membuat kami semakin kompak..

dan semoga terus begitu.

poin terpenting dari ini semua..

aku menjadi semakin mengerti apa itu impian…

di pedalaman ini.. semilir angin rindu untuk keluarga nan jauh di sana
membuat impian ku merekah dan meluap luap  untuk memajukan negara ini.

impian…

banyak orang yang tak berani bermimpi..

tapi untunglah.. aku lahir di keluarga pemimpi…

banyak orang yang takut bermimpi..

karena takut sakit bila tak tercapai,.,,

di pedalaman ini..bulan purnama telah mengajarkan aku bagaimana cara
berpikir dalam menggapai impian..

di pedalaman ini..

saat aku melakukan kegiatan science club di suatu sd… ku temukan siswa
siswi berpakaian lusuh, bersandal bahkan ada yang tak beralas kaki serta
ada pula yang bisu…

kebanyakan mereka anak petani atau kuli bangunan..

tapi… jangan kau kasian pada mereka kawan!!!

karena mereka punya mimpi..

mereka berani bermimpi!!

tak pernah mereka pikirkan lusuh nya baju yang mereka kenakan atau sakitnya
kaki yang tak beralas..

yang mereka tau adalah bagaimana cara mengacungkan jari setinggi-tingginya
untuk menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang aku dan rekanku lontarkan..

denganb penuh keberanian mereka mengacungkan jari ketika ku tanya…apa cita
cita kalian???

ada yang menjawab ingin jadi tentara.. jadi dokter.. jadi polisi

bhkan pemain bola…

tahukah kalian?? mereka baru duduk di kelas 1 tahun..

tapi mereka telah berani bermimpi….

yang bisau berani acungkan jari..

yang tak bersepatu berani acungkan jari…

mereka semua pemberani,.,,

dan pertanyaanku pada kalian teman,,,,

kenapa masih juga takut bermimpi??

padahal kau punya ilmu..

mungkin kau juara kelas…

mungkin kau mahasiswa terbaik..

tapi apa artinya teman.. jika engkau tak punya mimpi??

padahal tuhan akan menggenggam dan mengabulkan impian kita….

BAIK-BAIK DI KAMPUNG ORANG PUTRIKU

Tepat di usiamu 21 tahun pada tanggal 4 Juni 2012

Engkau bersama rombongan temanmu

Berangkat menuju suatu kampung di Padang Pariaman

Dalam rangka kuliah kerja nyata (KKN)

Berbeda dengan mama yang anak kampung

Ada rasa khawatir  mama melepasmu

Karena pengetahuanmu tentang kehidupan kampung

Menurut mama masih sangat kurang

Mama berharap

Kesempatan yang sangat bagus untuk menempa diri ini

Dapat engkau manfaatkan dengan sebaik-baiknya

Baik-baik di kampung orang putriku

Bersosialisasi

Berbagi ilmu

Menata diri

Hendaknya jadi bahagian dari kegiatanmu

Mama doakan

Sekembali dari KKN

Banyak pengalaman dan ilmu yang engkau peroleh

Semoga Allah melindungimu setiap waktu

Padang, 9 Juni 2012

Hanifah Damanhuri