Sebagai tambahan palamak kecek Sanak Palanta RN NAH.

*Lion Air Di**dekati ** Malaysia, Pemerintah Kebakaran Jenggot*

*Suatudunia.com*  -  Wow Lion Air Dicuri Malaysia, Pemerintah Kebakaran
Jenggot - Kabar mengejutkan datang dari Lion Air, maskapai penerbangan
swasta terbesar di Indonesia. Presiden Direktur Lion Air Rusdi Kirana
mengatakan maskapai berlogo singa terbang itu akan memindahkan pangkalannya
ke Malaysia.

Gara-garanya, Lion Air kecewa berat dengan Perum Angkasa Pura I.  Awalnya
Lion Air ingin membuat hub di Manado yang akan menghubungkannya ke Jepang,
China, Korea, dan Taiwan. Dana Rp 7 milyar sudah habis untuk pembelian dan
pembebasan tanah. Peresmian peletakan baru pertama dilakukan langsung oleh
Menteri Perhubungan Freddy Numberi. Eh, ujung-ujungnya Perum Angkasa Pura I
meminta bagian saham Lion Air sebanyak 51%. Terang saja Rusdi Kirana marah
besar.

Malaysia jeli melihat peluang ini. Malaysia lantas menawari Lion Air untuk
memindahkan hub-nya ke Johor Bahru di atas tanah seluas 2.5 hektar dengan
sewa hanya $ 3600 perbulan (murah sekali!). Setelah 10 tahun kawasan itu
akan sepenuhnya menjadi milik Lion Air. Dan tentu saja Lion Air tidak akan
direcoki dengan permintaan aneh-aneh seperti yang dilakukan Perum Angkasa
Pura I.

Pemerintah kontan kebakaran jenggot. Kepala Pusat Komunikasi Publik
Departemen Perhubungan, Bambang Ervan mengatakan pemerintah menyayangkan
langkah Lion Air itu dan berjanji akan membujuknya supaya jangan
memindahkan investasi dari Indonesia. Jelas saja pemerintah takut dan
panik, karena Malaysia sejak lama sudah menjadi hub AirAsia, maskapai
penerbangan murah terbesar di Asia. Jika Lion Air pindah kesana maka
lengkaplah dominasi Malaysia dalam bisnis penerbangan.

Belum lagi kita bicara tentang Malaysia Airlines yang jaringannya merambah
ke lima benua dan memiliki codesharing partners dengan aliansi SkyTeam
serta Star Alliance. Jangan-jangan semua maskapai penerbangan di Indonesia
bisa gulung tikar digilas Malaysia, termasuk Garuda Indonesia.

Jangan selalu menyalahkan Malaysia sebagai negara maling. Mereka hanya
memanfaatkan hal-hal yang dibuang di Indonesia. Ketika lagu daerah tidak
lagi dinyanyikan oleh anak-anak kita, Malaysia lantas memanfaatkannya dan
kita marah-marah. Ketika Sipadan-Ligitan kita telantarkan, Malaysia
mengundang investor untuk masuk kesana, dan hal inilah yang menyebabkan
Pengadilan Internasional di Den Haag memenangkan klaim Malaysia. Ketika
doktor-doktor kita tidak dihargai di negara sendiri, Malaysia dengan senang
hati memunguti doktor-doktor cerdas itu. Dan ketika Lion Air dipermainkan
oleh Perum Angkasa Pura I, Malaysia mengundangnya untuk berinvestasi di
negara jiran itu.

Siapa yang salah? Jelas Indonesia. Tapi kenapa kita selalu marah-marah
ketika negara lain memanfaatkan kedunguan kita? Dari sejak jaman Bung Karno
sampai sekarang kita selalu marah-marah dengan Malaysia. Apa hasilnya? Nol.
Zero. Nil. Kosong. Yang terjadi malah sebaliknya: kita semakin miskin dan
tetap marah-marah, mereka semakin kaya sambil tetap tersenyum!

*Sumber :
http://www.suatudunia.com/2013/03/wo...emerintah.html<http://www.suatudunia.com/2013/03/wow-lion-air-dicuri-malaysia-pemerintah.html>
*