From: bagindochaniago <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [EMAIL PROTECTED] Re: FW: Perdukunan dan Ramalan di Masyarakat Minang (surat terbuka untuk uni rahima)
To: "RantauNet" <RantauNet@googlegroups.com>
Date: Saturday, February 23, 2008, 7:25 PM

Bismillahirrohmanirrohim,
Assalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh,

Segala puji bagi Allah. Kami memuji-Nya, minta tolong kepada-Nya, dan
minta ampun kepada-Nya. Kami mohon perlindungan kepada Allah dari
kejahatan nafsu dan kejelekan perbuatan kami. Barangsiapa yang diberi
petunjuk oleh Allah, maka tiada yang dapat menyesatkannya. Barangsiapa
yang disesatkan-Nya, maka tiada yang dapat memberi petunjuk kepadanya.
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan tiada sekutu bagi-Nya,
dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasulullah. "Hai orang-orang
yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa
kepada-Nya dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan
beragama Islam." (Ali Imran: 102)
"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah
menciptakan kamu dari diri yang satu, dan darinya Allah menciptakan
istrinya. Dari keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan
wanita yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan
(mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan
(peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga
dan mengawasi kamu." (an- Nisaa': 1)
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan
katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu
amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Barangsiapa menaati
Allah dan Rasul-Nya, maka sesunguhnya ia telah mendapat kemenangan
yang besar." (al-Ahzab: 70-71)
Saudara Muslimin dan Muslimat serta sanak sepalanta nan ambo hormati,

Ada 3 masalah pokok yang sangat bertentangan dengan Agama Islam
- Nasab garis keturunan dari Ibu (matrelinial)
- Waris, pusako randah (Faraid) dan pusako tinggi (Turun temurun)
- Perkawinan sasuku dan sepupu
Jika tiga masalah pokok ini disesuaikan dengan Syariat Islam, maka
tidak ada lagi pertentangan dan perbedebatan yang berkepanjangan ini,
yang menjadi pertanyaan
- Agamo mangato, adat mamakai. Sudahkah Adat memakai apa yang
dikatakan Agamo ???.
- Agamo babuhu mati, adat babuhu sentak. Maukah Adat merubah kedalam
Syariat Islam ???
Saya hanya menyampaikan Al-Qur'an dan Assunnah, terlepas apakah mau
dinyakini atau tidak itu bukan hak saya, ini menyangkut pemaham
Aqidah, apakah sudah benar apa belum, mudah-mudah Allah
Subhanawata'ala senantiasa memberikan Hidayah dan Rahmad-Nya kepada
kita semua.

Sesungguhnya Adat basandi Syarak, Syarak basandi Kitabullah adalah
Adat, Adab dan budayanya yang Islami, dan tidak dapat dipisahkan
antara Agamo dan Adat kalau dipisahkan berarti ini adalah sekulerisme
(munafik). Maka tidak perlu Adat basandi Syarak, Syarak basandi
Kitabullah, lebih baik adeqium ini dirubah saja menjadi "Agamo
basandi Syarak, Syarak basandi Kitabullah" (ABS SBK), lantas Adatnya
basandi apa ? mungkin basandi nenek moyang atau basandi ninik mamak,
mungkin begitu.?? Nauzubillahiminzalik, Inalillahiwainalillahirojiun.
Mari kita fahami secara seksama :
Rasulullah Saw bersabda ' Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara.
Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu Kitabullah
(Al Qur'an) dan sunnah Rasulullah Saw'. (HR. Muslim)

'Sesungguhnya Allah, dengan kitab ini (Al Qur'an) meninggikan derajat
kaum-kaum dan menjatuhkan derajat kaum yang lain'. (HR.. Muslim)

Maksudnya: Barangsiapa yang berpedoman dan mengamalkan isi Al Qur'an
maka Allah akan meninggikan derajatnya, tapi barangsiapa yang tidak
beriman kepada Al Qur'an maka Allah akan menghinakannya dan
merendahkan derajatnya.

Allah Subhanawata'ala berfirman "Dan apabila dikatakan kepada mereka :
" ikutilah apa yang telah diturunkan Allah " , mereka menjawab :
" ( tidak ) , tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati
dari ( perbuatan ) nenek moyang kami " . " ( apakah mereka akan
mengikuti juga ) , walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui
suatu apapun , dan tidak mendapat petunjuk ? " (Q.S Al-Baqarah 2:170)

"Apabila dikatakan kepada mereka : " marilah mengikuti apa yang
diturunkan Allah dan mengikuti rasul " . Mereka menjawab : " cukuplah
untuk kami apa yang kami dapati bapak - bapak kami mengerjakannya " .
Dan apakah mereka akan mengikuti juga nenek moyang mereka walaupun
nenek moyang mereka itu tidak mengetahui apa - apa dan tidak ( pula )
mendapat petunjuk ?" (Q.S, Al-Maidah 5:104)

"Apabila dikatakan kepada mereka : " marilah kamu ( tunduk ) kepada
hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum rasul " , niscaya
kamu lihat orang - orang munafik menghalangi ( manusia ) dengan sekuat
- kuatnya dari ( mendekati ) kamu". (Q.S, An-Nisa 4:61)

"Mereka itu orang - orang yang kufur terhadap ayat - ayat tuhan mereka
dan ( kufur terhadap ) perjumpaan dengan dia , maka hapuslah amalan -
amalan mereka , dan kami tidak mengadakan suatu penilaian bagi
( amalan ) mereka pada hari kiamat" . (Q.S, Al-Kahfi 18:105)

"Dan sungguh Allah telah menurunkan kepada kamu di dalam al - quran
bahwa apabila kamu mendengar ayat - ayat Allah diingkari dan diperolok
- olokkan ( oleh orang - orang kafir ) , maka janganlah kamu duduk
beserta mereka , sehingga mereka memasuki pembicaraan yang lain .
Karena sesungguhnya ( kalau kamu berbuat demikian ) , tentulah kamu
serupa dengan mereka . Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan semua
orang - orang munafik dan orang - orang kafir di dalam jahannam".
(Q.S, An-Nisa 4:140)

Bid'ah dan Kesesatan

1. Barangsiapa menimbulkan sesuatu yang baru dalam urusan (agama) kita
yang bukan dari ajarannya maka tertolak. (HR. Bukhari)
2. Sesungguhnya ucapan yang paling benar adalah Kitabullah, dan sebaik-
baik jalan hidup ialah jalan hidup Muhammad, sedangkan seburuk-buruk
urusan agama ialah yang diada-adakan. Tiap-tiap yang diada-adakan
adalah bid'ah, dan tiap bid'ah adalah sesat, dan tiap kesesatan
(menjurus) ke neraka. (HR. Muslim)
3. Apabila kamu melihat orang-orang yang ragu dalam agamanya dan ahli
bid'ah sesudah aku (Rasulullah Saw) tiada maka tunjukkanlah sikap
menjauh (bebas) dari mereka.. Perbanyaklah lontaran cerca dan kata
tentang mereka dan kasusnya. Dustakanlah mereka agar mereka tidak
makin merusak (citra) Islam. Waspadai pula orang-orang yang
dikhawatirkan meniru-niru bid'ah mereka. Dengan demikian Allah akan
mencatat bagimu pahala dan akan meningkatkan derajat kamu di akhirat.
(HR. Ath-Thahawi)
4. Kamu akan mengikuti perilaku orang-orang sebelum kamu sejengkal
demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga kalau mereka masuk
ke lubang biawak pun kamu ikut memasukinya. Para sahabat lantas
bertanya, "Siapa 'mereka' yang baginda maksudkan itu, ya
Rasulullah?"
Beliau menjawab, "Orang-orang Yahudi dan Nasrani." (HR. Bukhari)
5. Tiga perkara yang aku takuti akan menimpa umatku setelah aku tiada:
kesesatan sesudah memperoleh pengetahuan, fitnah-fitnah yang
menyesatkan, dan syahwat perut serta seks. (Ar-Ridha)
6. Barangsiapa menipu umatku maka baginya laknat Allah, para malaikat
dan seluruh manusia. Ditanyakan, "Ya Rasulullah, apakah pengertian
tipuan umatmu itu?" Beliau menjawab, "Mengada-adakan amalan
bid'ah,
lalu melibatkan orang-orang kepadanya." (HR. Daruquthin dari Anas).

Bidáh

Bidáh memiliki 2 tinjauan secara lughah dan secara syarí. Bidáh secara
lughah berarti segala sesuatu yang tidak ada contoh atau tidak ada
yang mendahuluinya pada masanya. Adapun bidáh secara syarí adalah
seperti yang didefinisikan oleh para ulama, yaitu yang memenuhi 3
kriteria sebagai berikut:

1. Dilakukan secara terus menerus.
2. Baru, dalam arti tidak ada contohnya.
3. Menyerupai syariát baik dari sisi sifatnya atau atsarnya. Dari sisi
sifat maksudnya seperti sifat-sifat syariát yaitu sudah tertentu
waktu, tempat, jenis, jumlah, dan tata caranya. Dari sisi atsarnya
maksudnya diniati untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mencari
pahala. Bidáh termasuk jenis Dosa Besar, karena merupakan amal
kemaksiatan namun mengharapkan pahala.

Mashalihul Mursalah
Kalau seseorang tidak benar-benar memahami hakikat bidáh maka dia bisa
rancu dengan sesuatu yang disebut Mashalihul Mursalah. Sepintas,
antara bidáh dan Mashalihul Mursalah ada kemiripan, namun hakikatnya
berbeda. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut :

1. Mashalihul Mursalah terjadi pada perkara duniawi atau pada sarana
(wasilah) demi penjagaan lima maqosid syariát yaitu agama, jiwa,
harta, keturunan, dan akal. Sementara bidáh terjadi pada ibadah atau
ghayah.

2. Mashalihul Mursalah tidak ada tuntutan untuk dikerjakan pada masa
Nabi shallallaahu álaihi wa sallam, adapun bidáh tuntutan untuk
dikerjakannya sudah ada pada masa Nabi shallallaahu álaihi wa sallam.

Allah Subhanawata'ala memperingatkan kepada manusia, muslim dan
mustaqin

"Hai orang - orang yang beriman , janganlah kamu haramkan apa - apa
yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu , dan janganlah kamu
melampaui batas . Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang - orang yang
melampaui batas . (Q.S, Al-Maidah 5:87)

"Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah aku turunkan ( al - quran )
yang membenarkan apa yang ada padamu ( taurat ) , dan janganlah kamu
menjadi orang yang pertama kafir kepadanya , dan janganlah kamu
menukarkan ayat - ayat ku dengan harga yang rendah , dan hanya kepada
aku - lah kamu harus bertakwa . (Q.S, Al-Baqarah 2:41)

"Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan
janganlah kamu sembunyikan yang hak itu , sedang kamu mengetahui .
(Q.S, Al-Baqarah 2:42)

Kebenaran itu dari tuhanmu , sebab itu janganlah sekali - kali kamu
termasuk orang - orang yang ragu . (Q.S, Al-Baqarah 2:147)

Karena itu , ingatlah kamu kepada - ku niscaya aku ingat ( pula )
kepadamu , dan bersyukurlah kepada - ku , dan janganlah kamu
mengingkari ( nikmat ) - ku . (Q.S, Al-Baqarah 2:152 )

Mari kita berdoa :
"...... Ya Tuhan Kami , janganlah engkau jadikan hati kami condong
kepada kesesatan sesudah engkau beri petunjuk kepada kami , dan
karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi engkau ; karena
sesungguhnya engkau - lah maha pemberi ( karunia ) " . (Q.S, Ali Imran
3:8 )
Sekiranya tulisan saya kurang berkenan, saya mohon maaf dan saya rela
dan ikhlas untuk dikeluarkan dari milist ini, semoga Allah mengampuni
segala dosa kita.
Wassalamu'alaikum warahmatullahiwabarakatuh,

Muhammad Yamin Bagindo Chaniago, (45) Double Winner Sriwijaya FC
'Lihatlah apa yang disampaikannya dan janganlah lihat siapa yang
menyampaikannya'

On Feb 23, 4:48 pm, "Ahmad Ridha" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> [...]
alah di ambiak aliah dek pasukuanno. Gadangno di batak,
pantas jo latar balakang mantun sato mahoyak budaya