Gesendet: Donnerstag, 11. Juli 2013 um 12:38 Uhr
Von: "Jaha Nababan" <ilmubebaspa...@gmail.com>
An: rantaunet@googlegroups.com
Betreff: Re: [R@ntau-Net] Salam kenal.
Alhamdulillah sambutannya.

Kakek bernama Martinis, mantri kesehatan jaman dahulu sekali. Saya pernah bertemu tukang sate padang yang pernah beliau sunat karena dia satu-satunya mantri di daerah situ. Rumah di pinggir jalan dari Maninjau ke (?), tapi jalan raya. Tidak jauh dari pasar. Sekitar tahun 1994 saya terakhir berkunjung (hanya 2x seumur hidup saya) sebelum beliau meninggal di tahun berikutnya.

Ibu saya lahir di pinggir danau maninjau yang kini sudah jadi restoran padang. Nenek kabur ke jakarta membawa 5 anaknya yg masih kecil karena kakek hendak menikah lagi. Ibu saya berumur 5 tahun waktu itu. O btw nenek bernama Rosnah binti Rahman. Katanya asli Kota Padang.

Saya tahu harusnya dicari dari sisi Ibu. Kakak2 ibu saya juga ga terlalu paham karena masih kecil saat di bawa kabur ke Jakarta. Hanya mereka tahu bahwa mereka keturunan Datuk Basa yang saat dewasa saya tahu itu sangat generic karena berarti Datuk Besar.
Dulu waktu sering pulang kampung, nenek pernah menunjuk sebidang tanah yg luas ttp ada plang tanah milik negara sebagai tanah yang seharusnya menjadi warisannya bila ia tidak kabur ke jakarta.

Saya pernah kenal dengan Prof Agustiar Nur, putra Lubuk Basung yang punya sekolah kebidanan di sana. Beliau adalah penulis buku 'perbandingan sistem pendidikan di 15 negara' hasil riset di danai fulbright. Beliau secara samar mengenal kakek saya. Maklumlah sudah sangat tua sekali kakek. Saya mengenal saat beliau memberikan bukunya yang bagus dan langka itu di Bandara. Apakah beliau juga bergabung dalam milis ini?

Mungkin lewat kakek saya, saya bisa menelusuri suku ibu.

Rgds.
Jaha
Jatiasih - 40 (benar begini?)
Sent from not so-smart-phone