Dunsanak Palanta RN

Ini sekedar gurauan segar saja, kebetulan di bbm group temen seangkatan saya di
kampus IPB yang diberikan julukan kampus rakyat karena sistim rekrutmennya
jaman saya dulu jadi mahasiswa melalui PP II (istilahnya untuk mahasiswa baru
jalur undangan setiap SMA di Nusantara) jadi mahasiswanya lintas suku, ras dan
agama.

Tentu yang dominan MaBa Sunda dan Jawa (pulau jawa) nah di group saya tersebut
kami sedikit ada ide kreatif sekedar bergurau membuat kamus Jawa-Sunda-Minang
untuk cari padanan bagi kata2 yang sulit, pada umumnya saya yang berkuliah di
bogor dan bergaul sama temen2 suku Sunda dan Jawa cukup mengerti dan baham
bahasa gaul (pasaran) mereka, itu memang salah satu target saya dulu, kalaupun
tidak jadi tukan insyinur di IPB paling tidak bisa pacaran sama orang sunda
hehehehe salah maksudnya bisa dan mengerti bahasa sunda pasaran dan bahasa jawa.

Rugi saya rasanya..jika meninggalkan bogor tidak bisa bahasa sunda dan jawa,
apalagi habitat saya bergaul dengan temen2 jawa dan sunda suka malala
kekampung2 di sekitar Dramaga Bogor dan ditambah pembekalan untuk lebih paham
ketika praktek kerja lapangan di sebuah desa Kab Sumedang serta di Randublatung
Kab Blora dalam rentang waktu 1-2 bulanan.

Jadi awalnya joke-joke seger ala Jawatimuran (terkenal dengan tokohnya
muntiyadi, brodin dan lain-lain...jika anda googling) temen-temen yang jawa
pilihkan yang sekira menarik, lalu saya kebagian untuk menterjemahkan secara
bebas joke tsb sambil kawan-kawan belajar bahasa minang atau paling tidak
mereka bisa bandingkan antara versi jawa dan versi minang serta sunda lalu kami
catat untuk kata-kata yang sulit bagaimana sunda, jawa dan minangnya..ya
semacam kamus "ecek-ecek" lah untuk 3 bahasa ibu tsb, terkadang terjadi diskusi
yang menarik untuk menjelaskan panjang lebar sebuah kata sulit sebagai contoh

Mbrebes Mili-Cerik-minang apa ya..manangih :-)

Lalu ada

pokok'e nggarai kemropok

Saya bingung..apa itu tanya saya ketemen yang orang surabaya, dia menjelaskan

"Jepe..itu untuk situasi yang bikin panas hati dan iri (tentu sesuai dalam
konteks joke ) dalam hal ini si Muntiyadi bawa wedok ayu 3 orang petantang
petenteng, lalu temennya si brodin..gak laku2...ditaksir wanita, bikin dia
panas hati, iri sama si muntiyadi :-)

Nah inilah salah satu joke yang banyak beredar saat2 menjelang lebaran tiba,
tentang seputar mudik, selamat menikmati

***
TIPS MUDIK LEBARAN NUMPAK MOTOR...

1. Pastik'no disek nek awakmu nduwe motor. ga usah nekat nyolong motor opo
maneh sampe konangan sing duwe, ujung2e malah gak sido mudik ndekem neng post
polisi gak iso mangan kupat tahu...

2. Ban'e d itung disek, jumlah'e kudu loro, nek siji iku sepedahe badut, nek
telu iku becak utowo bajaj, nek papat berarti kowe numpak angkot, nek gak enek
rodane berarti numpak prau, nek gak enek apa2ne berarti mlaku...

3. Rem di cek.
Ojo nekat ngerem gae sepatu/sandal nang aspal. eman2 aspale nek rusak, kaet
didandani winginane iku...

4. Cek Rantai n gear sek onok opo gak, sopo ngerti wes ilang dicolong arek
pelajar gae senjata tawuran...

5. Cek lampu depan,pasti'no duduk lampu senter
Seng mbok pasang. opo maneh nekat gae lampu oblik. Iki ngono mudik broo,,, dudu
mbunteli kacang telor neng plastik gae jajan lebaran...

6. Spion ojo lali gae ngaca selama perjalanan. tapi ojo koco rias sing digowo,
opo maneh sak mejone, abot gowone...

7. Pakailah helm SNI.
Masio awakmu kerjo proyek, ojok pamer pas mudik nggawe helm
karyawan seng werno'e kuning2 iku. mambu rambut sing penguk sisan,,, kakean
lengo orang aring xixixixi...

8. Nggowo barang2 seng ringkes & penting ae.
Barang2 semacam kasur, tabung gas elpiji, mejo komputer, raket
nyamuk opomaneh anak'e kucing, kurungan ayam iku ga usah dibawa...

9. Pasang kecepatan roto2 40-70km/jam ae.
Ga usah ngebut badai sampai 120-180km/jam koyo valentino rossi ae,,nek
kecepeten nyampai kampung paling yo awakmu dikongkon ngewangi mbok'e ngudek
madumongso neng pawon, nek gak ngono dikongkon gae apem gae malem megengan...

10. Selama nang perjalanan bersikaplah seng wajar ae, ojok lebay atek lepas
setir, ngadek neng jok utowo ngangkat2 ban ngarep trus ambek goyang itik
barang...

***

TIPS PULANG KAMPUANG KA PADANG LEBARAN PAKAI SEPEDA MOTOR

1. Pastikan dulu..kalau waang punyo sepeda motor, jaan nekat mancilok sepeda
motor, apolai sampai ketahuan nan punyo, ujuang2nyo malah ndak jadi pulang
kampuang, bisa lalok waang di pos polisi :'( :'( , indak bisa makan katupek
gulai cubadak nan lamak   ado tunjang :p :'(

2. Ban sepeda motor diituang dulu jumlahnyo harus duo, kalau ciek itu waang
naik sepeda badut namonyo tu, kalau tigo itu becak kalau ndak yo bajay, kalau
indak baroda itu naik parahu, kalau ndak ado apo2nyo itu waang pulang kampuang
lebaran bajalan kaki sajo:(

3.Rem di cek yo, jaan nekat marem pakai sapatu/tarompa di aspal, sayang nanti
aspalnya rusak, baru sajo kapatang jalan tu dipeloki

4.  Pariso rantai n gear, ado apo indak, siapa tahu alah ilang dimaliang
pelajar pas sadang bacakak banyak bakalebuik (situasi tawuran...chaos :D)

5. Pariso lampu muko, pastikan ado lampu senter yang dipasang, apolai nekat
pakai lampu oblik ? ..ko pulang kampuang lebaran Broo, bukan mambungkuih kacang
talua jo plastik buat oleh2 lebaran.

6. Spion jaan lupo buek mangaco salamo perjalanan, tapi jaan pulo kaco rias nan
waang bawo, apolai jo meja-mejanyo, barek bana mambawonyo:]xx :p

7. Pakai helem SNI, kalau waang karajo proyek, jaan lah sok2 pamer helem nan
warna kuniang tu, babaun rambuik waang tu busuak bana (tengik).talalu banyak
minyak orang aring

8. Bawo barang2 nan pantiang sajo, barang sarupo kasua,tabuang gas elpiji, meja
komputer,raket rangik, apolai anak kuciang, kuruangan ayam jaan waang bawo pulo
yo>:O

9. Pasang kecepatan rato2 40-70 km/jam sajo, jaan ngebut bana sampai 180km/jam
lah bantuak pembalab velentino Rossi lo waang mah, kalau talalu capek waang
sampai dikampuang, waang disuruah amak masak-masak gulai asam padeh, randang ,
samba lado ijau,gulai toco, xixixix\=D/=)) kalau ndak mambuek lamang, kue
sagun, maaduak galamai nan sadang tajarang, sala lauak dimalam takbiran :D

10. Salamo  dalam perjalanan bersikap nan wajar sajo, jaan lebay pakai lapeh2
setir, duduak di jok balakang sepeda motor, lalu waang maangkek-angkek ban muko
sambia goyang-goyang itiak

*tamaik* by JePe

Wass-Jepe
48 thn, @Balikpapan-KalTim