Ass.ww, pak Saaf, dinda ZD dan sanak diplanta n.a.h

Saya mungkin agak beda namun intinya untuk memajukan minang.

Kalau yang dimaksud level satu adalah pim­pinan partai politik, pre­siden
dan wakil presiden, DPR dan MPR dalam  sistim banyak partai dan kursi bisa
dibeli dengan uang mungkin level satu ini tidak saja sulit untuk tokoh dari
minang juga akan sulit bagi tokoh dari daerah lain, bukan tak mungkin
dengan kekuatan uang dalam waktu dekat level satu ini akan terbuka  dimasuki
dengan kekuatan uang  oleh kawan kita dari etnis cina.

Memang mungkin ada banyak yang resah tapi banyak juga yang menerima seperti
apa adanya.

Bagi kita orang minang tak perlulah begitu resah, patah tumbuh hilang akan
berganti.

Selagi  sistim politik dinegeri ini masih sistim banyak partai, dari
sekarang minang lebih baik banting setir, kita harus mengarahkan generasi
kita kedepan untuk menguasai ekonomi bukan untuk pencari kerja. Kalau dasar
pencari kerja  meskipun nanti tercapai juga ke level satu hasilny hanya
tokoh-tokoh semu saja.

Namun demikian perlu juga kita urai sedikit kenapan tokoh-tokoh minang
tidak lagi bisa mencapai level satu itu.  Ini mungkin  minangkabau itu
sudah hilang 3 generasi:

1.   1. Generasi yang dewasa pada tahun 50-an , tahun 60-an  sebagian
terpaksa exodus dari Sumbar , tak kuat menahan tekanan setelah PRRI,
generasi inipun menumpang hidup ditempat lain, kalau ada satu dua yang
menonjol, mungkin suatu keistmewaan.

2.   2. Generasi yang dewasa di era 70-an dihimpit oleh sistim pendekatan
keamanan orde baru, tidak bisa bergerak kecuali ikut.

3.   3. Generasi 2000-an  keatas  generasi yang hidup dalam keadaan kacau
disemua tatanan kenegaraan disebabkan korupsi yang merajalela. Tak ada lagi
untuk dipedomani, tak ada lagi tauladan.

Jadi bagi kita minang terimalah ini seperti air mengalir, ibarat kereta api
mau lewat, naik tak naik kita, kereta ini akan lewat juga.

Hanya yang perlu bagi kita minang, bantinglah stir dari sekarang, jangan
generasi kedepan dipersiapkan lagi untuk pencari kerja, boleh saja sekolah
sampai S3 atau S apalah namanya,  namun jangan ijazah  itu dijajakan di
pasar kerja tapi kedepan harus hidup dengan menggunakan keahlian pendidikan
itu. Diarahkan jangan tergoda dengan kemewahan.

Mudah-mudahan kedepan kita tidak lagi bicara pengangguran,  generasi minang
kedepan diharapkan tidak banyak lagi yang  tertarik jadi  PNS atau jadi
kuli diperusahan.

Mungkin juga pesan kepada generasi kedepan “kalau mau kaya bergeraklah di
dagang/ekonomi, kalau jadi pegawa atau karyawan tak akan kaya kecuali
maling.

Bagi kita yang tua terutama generasi saya diakui dari SD sudah diarahkan
untuk jadi PNS tidak diarahkan untuk berdagang, memang waktu itu PNS
mengiurkan.

Ada memang  satu dua negeri di Sumbar yang dari kecil sudah mengarahkan
generasinya berdagang tapi untuk seluruh Sumbar belum merata.

Moratoriumlah minang dalam politik untuk beberapa decade ini, serahkanlah
estafet itu kepada yang lain. Kedepan ekonomi akan menjadi kunci untuk
menduduki semua level dinegeri ini seperti dinegara demokrasi maju laiinya..

Mohon maaf kalau ada yang tidak berkenan.

Wass,

Maturidi (L-75)

Asal Talang-Solok-Kutianyia

Duri Riau