From: Ahmad Ridha <ahmad.ri...@gmail.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Thu, 2 Jan 2014 13:36:49
To: rantaunet<rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [R@ntau-Net] Re: (OOT) Tanda-tanda Kiamat di Al Haram

Mak MM menuliskan: "para penguasa Arab (KSA Vs UEA) saliang adu
kasomboangan, mambuek bangunan tatinggi di ateh dunia ..."

Tidakkah terlalu jauh menyimpulkan kesombongan di dalam hati, Mak?

Mengenai pembangunan besar-besaran di Makkah, mungkin dapat dipertimbangkan
fakta bahwa dalam waktu 70 tahun, jamaah haji telah meningkat dari 20
ribuan orang di tahun 1941 menjadi sekitar 2 juta orang di tahun 2013.
Mungkin Mak MM punya ide konkret solusi tempat tinggal yang tidak
melibatkan gedung bertingkat bagi jutaan orang? Apakah boleh dibuat
bertingkat tetapi jauh dari Masjidil Haram?

http://m.arabianbusiness.com/makkah-foreign-pilgrims-rises-75-times-in-70-years-521999.html

http://photoblog.nbcnews.com/_news/2013/10/16/20993579-millions-fill-mecca-as-the-hajj-pilgrimage-peaks?lite

Atau mungkin yang disoroti adalah kemewahan bangunan-bangunan tersebut?
Saya setuju bahwa baiknya bangunan yang dibangun *di mana saja* (bukan
hanya di Makkah dan Madinah) tidak perlu bermewah-mewah. Saya khawatir jika
ada orang yang menyoroti bangunan mewah di Arab Saudi, tetapi dia suka
kemewahan di tempat lain. Kenyataannya adalah sebagian muslim bergaya hidup
mewah, dan saya tidak tahu apakah baiknya mereka difasilitasi atau tidak di
Makkah dan di Madinah.

Jika tidak difasilitasi, saya tidak terkejut jika tetap akan muncul
pengkritik. Bahkan saya pun tidak terlalu heran jika pengkritiknya orang
yang sama karena saya amati kadang kritik ke Arab Saudi kesannya berakar
pada ketidaksukaan sehingga apa pun yang dilakukan akan dianggap salah.

Bicara Makkah dan Madinah, jika ingin melihat kesederhanaan, lihatlah
pemakaman Baqi' di Madinah yang sungguh-sungguh bersahaja. Silakan
dibandingkan dengan kuburan tokoh-tokoh di Indonesia. Jika di Saudi ada
kemewahan yang disediakan bagi manusia hidup, di Indonesia kita jumpai
kemewahan yang disediakan bagi orang mati.

BTW, karena disinggung tentang perayaan tahun baru, Arab Saudi memiliki
kebijakan yang berbeda dengan UEA untuk urusan itu.

Allahu Ta'aala a'laam.

Wassalaam,
--
Abu 'Abdirrahman, Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)