Semoga bermanfaat:
http://abuabdurrohmanmanado.wordpress.com/tag/hukum-mempelajari-injil/

=============================================================================================

Syaikh Ibnu Baz rahimahullah pernah ditanya tentang seorang muslim yang
membuka-buka kitab Taurat dan Injil serta membacanya hanya sekadar ingin
tahu saja, tidak ada tujuan yang lainnya. Haruskah kita mengimani keduanya?

Dijawab oleh syaikh kurang lebihnya demikian:

Wajib bagi setiap muslim untuk beriman kepada kitab-kitab tersebut;
Tauratnya, Injilnya maupun Zaburnya. Maka kita wajib mengimaninya bahwa
kitab-kitab tersebut telah diturunkan Allah kepada para nabi-Nya. Dan Allah
juga telah menurunkan lembaran-lembaran yang berisikan perintah dan
larangan, ancaman dan peringatan, berita-berita yang telah terjadi di masa
lalu, berita tentang surga dan neraka, juga yang semisal dengan itu.

Akan tetapi bukan berarti boleh dipakai, karena kitab-kitab tersebut telah
mengalami penyelewengan, pergantian maupun perubahan. Dan bukan juga
berarti boleh melihat-lihat kitab Zabur, Taurat dan Injil atau membacanya.
karena yang demikian amatlah berbahaya, karena terkadang isinya mendustakan
kebenaran atau membenarkan kebathilan. Karena kitab-kitab ini telah
diselewengkan dan telah diubah, juga telah disusupkan ke dalamnya oleh
mereka-mereka dari kalangan kaum Yahudi maupun Nasrani maupun selain mereka
baik dengan perubahan, penyelewengan, pendahuluan maupun penundaan. Dan
cukuplah bagi kita kitab suci kita sebagai pedoman; yaitu Al-Qur’an.

Dan telah diriwayatkan dari Nabi sholallohu ‘alaihi wa sallam bahwasanya:
 رأى في يد عمر شيئا من التوراة فغضب وقال: أفي شك أنت يا ابن الخطاب ؟ لقد
جئتكم بها بيضاء نقية لو كان موسى حيا ما وسعه إلا اتباعي

Beliau pernah melihat di tangan Umar sebagian dari lembaran kitab Taurat,
maka marahlah Rasulullah sholallohu ‘alaihi wa sallam seraya berkata: *“Apakah
engkau dalam keraguan wahai Ibnal Khoththob? Sungguh aku telah membawakan
kepadamu cahaya putih yang bersih. Kalaulah sekiranya Musa masih hidup,
maka tidak ada keringanan baginya melainkan harus mengikuti aku.”* (*Musnad
Imam Ahmad 3/387, Sunan Ad-Darimi di dalam mukadimahnya 435*)

Yang kami maksud: Kami nasehatkan anda dan orang-orang selain anda untuk
tidak mengambil dari kitab-kitab tersebut sedikitpun, tidak dari Taurat,
dari Zabur dan tidak pula dari Injil. Dan jangan anda melihat-lihatnya, dan
jangan membacanya sedikitpun. Bahkan apabila anda memiliki sebagiannya saja
dari kitab-kitab tersebut maka tanamlah atau bakarlah. Karena kebenaran
yang ada padanya telah dicukupkan oleh Kitabulloh Al-Qur’an, dan perubahan
maupun penggantian yang ada di dalamnya merupakan kebatilan dan kemungkaran.

Maka yang wajib bagi setiap mukmin untuk mawas diri yang demikian, dan
memperingatkan dari membuka-buka kitab-kitab tersebut. Terkadang isinya
membenarkan kebatilan dan mendustakan kebenaran, sehingga jalan selamatnya
ialah dengan menimbunnya atau membakarnya.

Kendati demikian, terkadang dibolehkan bagi seorang alim yang memiliki
pandangan yang luas melihat kitab-kitab tersebut, demi membantah
musuh-musuh islam baik dari kalangan Yahudi maupun Nasrani. Hal ini
sebagaimana yang dilakukan oleh nabi untuk menghadirkan kitab Taurat
manakala Yahudi mengingkari hukum rajam agar melihatnya kembali kepada
kitab Taurat, hingga mereka pun mengakuinya.

Maksudnya: Bahwa para ulama yang luas pengetahuannya terkadang mereka butuh
untuk mengkaji kitab Taurat, Injil atau Zabur untuk tujuan yang Islami;
seperti membantah musuh-musuh Islam atau menjelaskan keutamaan Al-Qur’an
dan kebenaran serta petunjuk yang ada di dalamnya. Adapun orang yang awam
atau yang serupa dengannya, maka mereka tidak berhak melakukan yang
demikian. Bahkan kapanpun mereka mendapati sebagian dari Taurat atau Injil
maupun Zabur, maka yang wajib baginya ialah menimbunnya atau membakarnya
agar jangan ada satupun yang menjadi tersesat karenanya.

(*Nur ‘alad Darb, Ibnu Baz 1/11*)

Ditulis oleh Al-Ustadz Abu Abduh *hafidzhahullahu Ta’ala*

Disalin dari artikel blog Rizky Abu
Salman<http://rizkytulus.wordpress.com/2011/04/29/hukum-mempelajari-kitab-taurat-dan-injil/>untuk
blog
Abu Abdurrohman <http://abuabdurrohmanmanado.wordpress.com>