Kanda Datuk Endang dan dunsanak kasodonyo ysh.

--- datuk_endang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sanak Azhari, Ahmad Ridha, dan Rahima ysh,
>
> Berhubung cukup banyak dipermasalahkan masalah adat
> ini, mohon kiranya
> dapat diteliti kaidah-kaidah yang berkaitan dengan
> tanah dan nasab dalam
> syariat Islam :
>
> 1. Apakah sama pengertian antara harta dalam syarak
> dengan haroto dalam
> adat? Termasuk segala sesuatu yang patut
> diperhitungkan dalam kaidah
> faraidh. Mohon memperhatikan juga keterangan yang
> sudah disampaikan
> angku Azmi Dt. Bagindo sebelumnya.

Saya ingin bertanya dulu, haroto dalam Adat apa?

> 2. Bagaimana pandangan syarak mengenai tanah, apakah
> tanah itu termasuk
> harta dalam Islam? Dan bila iya, mohon diterangkan
> dasar dan nash-nya.
> Mungkin ini dapat menjadi bahan pertimbangan: bila
> tanah itu mempunyai
> fungsi sosial dan suatu waktu dapat menjadi fungsi
> ekonomi; demikian
> sebaliknya.

Tanah disini Tanah yang mana maksud kanda Endang.
Tanah sawahkah, Tanah Ladangkah, tanah...apa lagi..?
Atau tanah disepanjang jalan yang ada ?

> 3. Apakah nasab dalam Islam itu 'garis keturunan
> darah lurus ke atas'
> (hingga berapa tingkat?) atau suatu pengertian
> tentang 'asal-usul'
> (dalam batasan antropologi/etnografi/geografi) ?
> Kalau memperhatikan
> dalil dan nash yang pernah sanak sampaikan, belum
> ada ketegasan dalam
> hal ini. Bila anak "bernasab" (berbapak?) kepada
> bapak, hal ini tidak
> perlu dijelaskan; karena sudah sangat jelas
> disebutkan dalam Al Qur-an
> termasuk hubungan silaturahim di antara keduanya.

Nasab adalah Silsilah dari keturunan. Bisa
kesamping-bisa kebawah, bisa ke atas. kalau ke atas
Ayah, kakek...dst..Kebawah Anak, cucu..dst...Kesamping
Bisa kakak..abang...adik...

Dalam Islam ada yang dinamakan Syu'ub = Bangsa ini
adalah kumpulan dari kabilah(suku).
Bangsa adalah silsilah nasab (jamaknya
ansaab)keturunan yang jauh
Kabilah justru sebaliknya, silsilah dari
nasab(keturunan yang dekat).

Silahkan dik Ridha, Kanda Azhari dan kanda bagindo
Chaniago atau yang lainnya ingin
menambahkan.Sebenarnya saya dah buat panjang lebar
tadi tentang nasab, tetapi lampu mati, maka saya
singkatkan saja.

Wassalamu'alaikum. Rahima.

> Demikian sanak disampaikan, semata untuk mencari
> sayak nan landai aia
> nan janiah untuk kita bersama.
>
> Wassalam,
>
> -datuk endang

Looking for last minute shopping deals?
Find them fast with Yahoo! Search.
http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.