dan ini yang dilakukan Ustad Yusuf Mansur kepada Anis Bawesadan (Menteri
Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah) beberapa waktu lalu  yang mungkin
terkait salah satu dari Subjek diatas (Renungan Jum'at kok seperti itu) yah
pak??

sama halnya dengan beberapa politisi yg menggemborkan2 soal penghapusan
kolom agama tempo dulu, padahal sebenarnya pengosongan untuk yg bukan
penganut yg sudah ada diakui, dan malah ini adalah amanat UU sebelumnya yg
juga di undangkan masa politisi tsb.

tapi memang tabbayun dan ma'af ini jika itu salah dan keliru berat sangat
untuk kita lakukan, termasuk kita di rantaunet ini mungkin..

Kritik Mendikbud soal doa di sekolah, Yusuf Mansur minta maaf
Reporter :
<http://www.merdeka.com/peristiwa/kritik-mendikbud-soal-doa-di-sekolah-yusuf-mansur-minta-maaf.html#>Muhammad
Hasits <http://www.merdeka.com/reporter/muhammad-hasits/> | Rabu, 10
Desember 2014 10:14
4773
<http://www.merdeka.com/peristiwa/kritik-mendikbud-soal-doa-di-sekolah-yusuf-mansur-minta-maaf.html#>
Share
1626
<http://facebook.com/sharer.php?u=http%3A%2F%2Fwww.merdeka.com%2Fperistiwa%2Fkritik-mendikbud-soal-doa-di-sekolah-yusuf-mansur-minta-maaf.html>
Tweet
0
<http://twitter.com/share?text=Kritik%20Mendikbud%20soal%20doa%20di%20sekolah%2C%20Yusuf%20Mansur%20minta%20maaf%20%7C%20merdeka.com&url=http%3A%2F%2Fwww.merdeka.com%2Fperistiwa%2Fkritik-mendikbud-soal-doa-di-sekolah-yusuf-mansur-minta-maaf.html&via=merdekadotcom>
Google+
KIRIM
<https://plus.google.com/share?url=http%3A%2F%2Fwww.merdeka.com%2Fperistiwa%2Fkritik-mendikbud-soal-doa-di-sekolah-yusuf-mansur-minta-maaf.html>

[image: Kritik Mendikbud soal doa di sekolah, Yusuf Mansur minta maaf]
Yusuf Mansur. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman
Berita Terkait

   - [image: Menteri Anies wajibkan semua sekolah kembali ke kurikulum 2006]

<http://www.merdeka.com/tag/a/anies-baswedan/menteri-anies-wajibkan-semua-sekolah-kembali-ke-kurikulum-2006.html>Menteri
   Anies wajibkan semua sekolah kembali ke kurikulum 2006

<http://www.merdeka.com/tag/a/anies-baswedan/menteri-anies-wajibkan-semua-sekolah-kembali-ke-kurikulum-2006.html>
   - Ahok dukung Menteri Anies setop kurikulum 2013

<http://www.merdeka.com/jakarta/ahok-dukung-menteri-anies-setop-kurikulum-2013.html>
   - Ombudsman apresiasi Anies Baswedan setop Kurikulum 2013

<http://www.merdeka.com/peristiwa/ombudsman-apresiasi-anies-baswedan-setop-kurikulum-2013.html>

*Merdeka.com - *Ustaz kondang Yusuf Mansur sempat mengkritik keras Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Gara-garanya Yusuf Mansur
mendengar kabar bahwa sang menteri akan melarang pembacaan doa di
sekolah-sekolah saat dimulai dan sesudah jam belajar.

"Sekolah susah payah kawan-kawan mengusahakan ada ngaji, doa-doa, asmaa-ul
husnaa di sekolah2 swasta dan negeri. Tapi yaaa ampuuunnn, ada yang mau
ngoreksi. Susah payah kawan-kawan mengawal agar anak-anak berkah pelajaran
dan hidupnya dengan memberlakukan dhuha dulu di awal. Doa di awal dan di
akhir," kata Yusuf Mansur dalam akun Twitter-nya, Selasa (9/12) kemarin.

Yusuf Mansur kesal karena mendengar kabar pemerintah akan melarang doa di
sekolah-sekolah. "Barusan saya denger kalimat jahat banget, yang menganggap
bahwa ini adalah upaya pemaksaan praktik agama. Yaaa Allah," kata Yusuf
Mansur.

Dia juga khawatir nanti akan ada larangan azan pakai pengeras suara.
Padahal, selama ini toleransi sudah berjalan dengan baik.

"Aaaaammmmpuuuuunnnn... asli aammmmpppuuuunnnnn yaaa Allah. Sedih, marah,
ngenes....pengen cepet-cepet pilpres baru lagi aja," katanya.

Kemarin, Yusuf sempat ingin langsung menghubungi Menteri Anies terkait
adanya pemberitaan yang beredar tentang larangan berdoa di sekolah. Dari
siang hingga sore, Yusuf belum berhasil menghubungi Menteri Anies.

Setelah salat Isya, Yusuf Mansur akhirnya berhasil menghubungi Anies
Baswedan. Dalam percakapan keduanya via telepon, Yusuf Mansur mendapatkan
penjelasan soal kabar larangan dia di sekolah.

Usai mendapatkan penjelasan, Yusuf Mansur mengakui dirinya salah. Dia
menilai, kabar yang diterimanya tidak benar.

"Alhamdulillah, ternyata enggak benar. Lalu nampaklah kesalahan saya
pribadi. Insyaa Allah, saya perbaiki untuk ke depan harinya. Tapi saya
terus melakukan peran ikut mengawasi. Hanya sekarang dah bertambah sedikit
pengalaman, akan tabayyun dulu. Ga asal ceplos," tulis Yusuf Mansur
beberapa jam kemudian setelah mengkritik Anies Baswedan.

"Sekolah-sekolah masih aman, bila mau menjalankan kegiatan doa dan
lain-lain untuk membuka dan menutup kegiatan belajar mengajar silakan
malahan tetapa didorong," imbuhnya.

Menteri Anies sendiri kemarin membantah kabar kalau dirinya melarang doa di
sekolah. Menurutnya, kabar itu tidak benar. "Tidak benar mau melarang. Ini
lagi fokus Kurikulum 2013, kok malah dikatakan menghapus doa di sekolah.
Masa saya melarang doa. Ada-ada aja," ujar Anies.