Assalamualaikum w.w. para sanak sa palanta,
Sebagian ucapan selamat ulang tahun saya dikirimkan secara pribadi kepada saya
melalui pesan pendek (SMS), tentunya dengan maksud memang sebagai pesan
pribadi. Namun pesan pendek Sanak Johan Backir  -- seorang Jawa pencinta
Minangkabau dan pegiat pariwisata Sumatera Barat -- dibungkus dengan gaya
pewayangan Jawa, yang selain indah, penuh simbol, dan sangat mengharukan saya,
juga bersifat umum dan saya rasa  bermanfaat untuk kita nikmati
bersama. [Singkatan-singkatan yang lazim dalam SMS saya tulis penuh. Huruf
kapital adalah asli dari beliau.].
           Adalah menarik bahwa peristiwa biasa seperti ucapan selamat ulang
tahun ternyata dapat diekspresikan dengan berbagai cara dalam masyarakat kita
yang berbudaya majemuk ini. Tidak kalah indahnya dengan puisi-puisi yang
ditayangkan dalam milis RN oleh Buya HMA dan Nanda Hanifah. Saya percaya bahwa
beliau mengirimkan SMS tersebut karena beliau tahu bahwa saya bukan saja pernah
bersekolah di Yogyakarta tetapi juga lama berdinas di tengah-tengah
saudara-saudara kita dari Jawa, sehingga yakin bahwa saya cukup 'familiar'
dengan gaya 'kejawaan'.
          Saya sangat senang dengan kandungan isi pesan singkat ini, karena
membawa suasana dan nuansa yang khas. Entah mengapa, secara pribadi saya
memang senang membaca dan merenungkan kearifan budaya lain, bukan hanya dari
suku-suku bangsa Indonesia sendiri, tetapi juga dari bangsa-bangsa lain dan
dari agama-agama lain. Rasanya kebiasaan ini sesuai dengan Sabda Ilahi dalam
Surah Al-Hujurat ayat 13.
           Sehubungan dengan itu, izinkan saya dalam kesempatan ini  -- dengan
persetujuan Sanak Johan Backir sendiri -- menampilkan ucapan selamat ulang
tahun yang beliau kirimkan kepada saya. Begini bunyinya.
          " Boleh percaya boleh tidak, kehidupan itu, menurut orang JAWA,
bergerak dari fajar ke fajar, fajar pertama ketika kita membuka mata, sedangkan
fajar berikutnya ketika pertunjukan WAYANG usai. Di antara dua fajar itulah
lakon kehidupan kita berlangsung.
        Cerita tentang hidup bermula pada siang hari. Sore hari bagiku adalah
PUNCAK kehidupan, hal itu terjadi pada saat usia 35-40 tahun, dan setelah
melewati sebagian besar kehidupan, kita berarti sedang menunggu fajar
berikutnya (fajar kehidupan yang ke dua).Menjelang fajar begini, biasanya para
dalang berkemas-kemas dan bersiap-siap untuk pulang, setelah melantunkan SULUK
(tembang) TERAKHIR.
         Sebelum TANCEP KAYON (gunungan), dimunculkanlah WAYANG GOLEK di tengah
WAYANG KULIT dimana para penonton (manusia) dipersilahkan MENCARI SENDIRI
(Nggoleki) lakon kehidupan yang telah DIPERANKAN. Para NAYAGA yang menabuh
gamelan, WARANGGANA yang telah memperindah KISAH melalui KIDUNG-KIDUNG dan
DALANG si  Empunya cerita akan kembali dan beristirahat dalam PANGKUANNYA.
        Selamat ULANG TAHUN Ayah SAAF. Semoga sisa hidup AYAH kian
BERMAKNA.(Ananda JOHAN BACKIR)"
        Terima kasih banyak Ananda Johan Backir. Semoga Allah swt memberi
Berkah, Rahmat, Hidayah, dan Inayah-Nya untuk kita semua.Amin.

Wassalam,
Saafroedin Bahar
(L, masuk 72 th, Jakarta)
Alternate e-mail address: [EMAIL PROTECTED]

melalui jalur pribadi
dibanned