L I S T R I K
Oleh : K Suheimi

Listrik sebentar hidup sebentar mati, tak mentu dan tak ada waktu. Seperti saat
saya menulis ini tiap sebentar listrik padam,  kadang 2 kalimat tertulis
listri mati dan kompuiter saya pudur  Kita diharuskan menerima dan kita bias
banyak protes, walaupun akibat listrik yg tak menentu hidup dan mati, banyak
alat-alat elektronik yg rusak, dantak sedikitkerugian materi dan rugi uang
serta rugi waktu. Banyak pekerjaan yg tertunda  dan target yg tak tercapai..
Dan tidak jarang  menimbulkan kebakaran, pasar yg terbakar, ruko yg hangus
nyawa yg terengut. Katanya kosrleting, katanya akibat arus pendek. Banyak orang
tak mengerti kok arus pendek bias menimbulkankebaran, apakah skering tak putus
bila ada panas dan kebakaran.
Ini pulalah yg saya alami tgl 3 Agustus 2008. Hari mingu itu jam 2 malam, saya
baru selesai melakukan Operasi. Operasi di larut malam itu adalah operasi yg ke
4. Kerna sejak sore, ada pasien dari kambang pesisir selatan, ada dari Muaro
labuah solok Selatan. Ada yg dari daerah Pariaman. Yang sudah berhari hari di
rumah Bidan tak kunjung lahir. Memang tak mungkin lahir kerna berat bayi itu
ternyata 4,7 kg
Biasanya selesai operasi saya lakukan shalat Tahjud sebagai ujud syukur dan
menenangkan serta menentramkan jiwa. Sekali gus malam itu saya ingin menjenguk
anak tertua saya dr Irham yg dari sore membantu saya operasi. Untuk sampai
kekamarnya  saya harus melewati beranda . Di Beranda ini tiba-tiba saya
mendengar sesuatu yg berdetak. Tak lama berdetak lagi, berdetak lagi  dan
berdetak lagi kemudian diikuti sesuatu yg berbau terbaakar.  Rasa ingin tahu
saya  membuka pintu keluar. Betapa terkejutnya dan kecutnya hati ini.ketika
menyaksikan api telah mebesar di Meteran listri, Api ini melambai menyapu
loteng dan flavon yg terbuat dari triplet yg kering.  Saya coba matikan arus
listrik, namun tak berhasil listrik terus menyala dan api terus hidup, Saya
ambil air dan saya siram, namun api tak padam. Saya ambi alas kaki terbuat dari
handuk. Saya basahkan lalu saya raupkan ke  api yg sedang menyala. Ta[pi saya
lupa bahwa api itu lagi bermuatan listrik.
 Begitu saya rauokan, bukannya apinya padam, tapi saya di sengat listrik. Kerna
handuk yg basah itu mengantarkan arus,
Karena teriakan2 tolong ada api. Irham terbangun, dia mencoba lagi Handuk itu,
tapi saya larang khawatir dia terkena sambaran arus listrik.
Untung Irham tak kehilangan akal. Di pekarangan itu ada  tempat bunga teratai
yg berlumpur. Diambilnya Lumpur yg berair itu lalu di lemparnya api yg sedang
menyala. Dan api itupun padam oleh siraman Lumpur.
Alhamdulillah, api padam dan kebakaran bias di hindari. Semua hanya karena
pertolongan Allah.
Ada bebarapa yg tak habis saya fakir.
        1. Biasanya  saya ke Padang setiap hari senin malam  dating dari P
Baru. Ta[pi kali ini keras saja hati ini. Malam minggu saya sudah sampai di
Padang
        2. Mengapa ada operasi di malam itu
        3. Biasanya sesudah operasi saya shalat tahjud di kamar saja lalu
tidur, tapi mammal itu ingin saya kekamar Irham, sehingga melewati Beranda
        4. Kenapa pada detik itu  saya berada dekat meteran listrik
        5. Kenapa bau sesuatu yg terbakar itu menyengat hidung saya

Saya sujud syukur terhindar dari marabahaya. Saya bersyukur  malapetaka itu
berlalu  Rumah dan Rumah Sakit Bunda tak jadi terbakar.
Dalam sujud shalat Tahjud  saya berbisik, Terima kasih Ya Allah, telah Engkau
selamatkan kami dari bahaya ini. Telah Kua lindungi kami sekeluarga dan pasien
yg sedang banyak di rawat.
Berlinang air mata saya sebagai rasa syukur. Kalu bukanlah karena Allah yg
menggerakan semua itu, tentu semuanya akan musnah.
Sampai sekarang saya tak habis piker, mudahnya Tuhan menggerakan hati HambaNya
utk terhindar dari petaka.

Merasakan kejadian malam ini, saya merenung. Pantas pasar terbakar, pantas
rumah dan tokoh hangus. Api yg hidup di meteran itu tak memutus arus,  api yg
panas itu serung tak memberu tahu.
Kalaulah jam 2 malam itu semua orang nyenyak tidur, tiba-tiba PLN hidup  arus
yg kuat menghantam meteran dn terbakar, sedang semua sedang lelap.
Untunglah Allah  membangunkan seorang hambanya, sehingga oetaka yg besarpun
terhindar. Terima kasih ya Allah bisiksaya sebelum tidur

Untuk itu ingin saya petikkan sebuah Firman Suci Nya dalam Al qur'an

sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu, Allah tidak hendak menyulitkan
kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu,
supaya kamu bersyukur. (QS. 5:6)
Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu
(cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu Mereka ditimpa
oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam
cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman
bersamanya:"Bilakah datangnya pertolongan Allah". Ingatlah, sesungguhnya
pertolongan Allah itu amat dekat. (QS. 2:214)

Padang  3 Agustus 2008

melalui jalur pribadi
dibanned