2009/2/1 Arman Bahar <arman_ba...@ymail.com>

> Nah kalau MUI mengatakana haram golput dasarnya apa?

Kalau dasar pengharamannya, yang saya baca di beberapa media adalah karena
berarti orang yang golput itu mubazir, tidak menggunakan haknya. ANeh
memang, orang tidak menggunakan hak dianggap berdosa. CUma di satu media ada
juga salah satu boz MUI yang bilang: "Nanti di alam sana, semua orang akan
ditanya untuk apa dia pergunakan hak2 dia selama hidupnya ..."

Tapi biar bagaimanapun, dasar persisnya saya tidak tahu, mungkin kalau fatwa
nya sudah "go public", kita bisa membacanya. Mudah2an kita bisa langsung
mengangguk2 setuju, tidak seperti saya waktu membaca fatwa haram korupsi".

Jadi sekali lagi, kalau dasarnya saya belum tahu.

Tapi kalau idenya darimana, yang saya baca2 di koran, itu adalah "himbauan"
dari Ketua MPR (eh, maaf, saya lupa, beliau itu waktu itu menghimbau dalam
posisi sebagai orang pribadi, Ketua MPR, atau sebagai orang parpol)

Riri
Bekasi, L 46