Dear Rangkayo Hanifah da Dunsanak RN Yang Mulia,

1. Terima kasih banyak atas perspektif Rankayo ka ambo. Bialah hamdalah ambo
ucapkan dalam hati sajo, dan mohon ijinkan saya utk berbagi pesan ibu saya pada
puluhan tahun lalu yang berbunyi "sabanyak urang sanang ka awak, mako ingeklah
bahasonyo sabanyak itu pula urang nan indak suko". Setelah puluhan tahun
mengunyah pesan itu, maka saat ini pada anak dan kemanakan pesan tersebut saya
lengkapi menjadi " sebanyak orang suka pada kita, maka ingatlah bahwa saat itu
sebanyak itu pula orang tidak suka pada kita,.....sehingga jangan bangga pada
saat di puja dan jangan merasa terhina pada saat di hina,.....kalau merasa
bangga akan sombong,....kalau merasa terhina akan timbul amarah,.......jika
sombong dan marah maka akan lupa diri,....kalau lupa diri maka binasa".

2. Seperti yang pernah saya tuliskan pada posting terdahulu, ....dalam
perjalanan saya "disuruh" dan "mencoba" mengunyah adat, maka saya telah
berkesimpulan bahwa setiap pepatah minang ternyata ibarat PISAU BERMATA
SEMBILAN. Sampainya saya pada kesimpulan tersebut (untuk diri pribadi tentunya)
saya fikir sangat dipengaruhi oleh cara DATUAK saya (memang seorang PENGULU)
dalam memperkenalkan adat kepada saya sejak kecil. Jika boleh saya sarikan,
maka nampaknya sejak masih kecil beliau telah menuntun saya utk mengenal MAKNA
dan RASA dari setiap elemen adat, .......termasuk kehebatan  PEPATAH
.........yang secara pribadi saya simpulkan  sebagai PENGGANTI BUDAYA TULISAN.

Saya yakin nenek moyang kita zaman dahulu bukan nya "bodoh" karena tidak
mempunyai "budaya" tulisan,.....tetapi mereka secara sengaja untuk meninggalkan
bekal pada anak cucunya dalam bentuk pepatah,.....sungguh suatu strategi
pertahanan yang sangat cerdas.....ibarat bahasa sandi dalam era modern ini.
Jika dalam era modern orang memakai bahasa sandi secara tersembunyi, maka nenek
moyang orang minang memakai bahasa sandi secara terbuka,.........mereka tidak
takut sandi mereka diketahui oleh musuh karena mereka sangat yakin bahwa hanya
"darah" yang mengalir di dalam badan anak cucu nya saja lah yang betul-betul
akan mengetahui secara pasti apa strategi yang tersimpan di dalam sandi.
Sungguh suatu kecerdasan yang luar biasa bukan?

Dari hal ini lah kemudian KEKAGUMAN saya pada ADAT MINANG semakin tumbuh dan
tumbuh,......sungguh luar biasa cerdasnya nenek moyang orang minang dalam
menyiapkan anak cucu dan keturunan nya dalam menghadapi segala ancaman
kehidupan yang terjadi sesuai perubahan jaman.  Dalam konteks kepentingan
TERITORI KOMUNAL  (bukan kepentingan pribadi dan kelompok kecil) .........yg
dlm tulisan terdahulu saya sebut sebagai kepentingan berbangsa dan
bernegara............maka saya sangat yakin untuk mengatakan bahwa TIDAK ADA
yang menandingi Adat Minang di dunia saat ini.....demikian juga dlm hal
komprehensifitas aspek dan elemen kehidupan yang ditata......juga belum ada
tandingannya.....teliti....rapi.....berlapis.......kuat dan saling menguatkan.

3. Berkaitan dengan permintaan Rangkayo ttg perspektif saya thd pepatah "anak
dipangku kemanakan dibimbiang", maka saya merasa seperti mendapat buah
SIMALAKAMA. Terlepas dari serius atau tidaknya Rangkayo meminta itu pada saya
(krn saya merasa tidak dlm posisi dan tidak merasa pantas utk bercerita lebih
panjang ttg hal di atas pada milis ini),......permintaan Rangkayo adalah
simalakama....... jika tidak saya penuhi maka ibaratnya saya MENOLAK
HAJAT,....sdgkan jika saya penuhi maka milis ini akan menjadi terlalu serius
nantinya.....yaitu karena "tidak bisa" sepotong-sepotong. Kalau kita bercerita
ttg adat sepotong-sepotong,....maka BISA SESAT orang dibuatnya.....nanti kulit
buah bisa disangka biji,....sedangkan biji buah bisa disangka hanya tangkai
busuk yang harus dibuang. Silahkan Rangkayo maknai dan nilai sendiri berbagai
cara dan pola pemakaian pepatah oleh orang-orang selama ini.

4. Jika memang ada ketertarikan Rangkayo ttg pengalamann pribadi saya tersebut
dalam mengunyah adat dan agama,....maka barangkali kita bisa berbagi melalui
jalur pribadi saja. Jika cara itupun yang Rangkayo akan tempuh, maka saya
berharap kita bisa sepakat bhw : bermula dari kawan maka minimal harus berakhir
sebagai kawan (berarti kita menjunjung tinggi silaturahim),....... tidak ada
istilah guru dan murid (berarti kita sederajad), .......dan tidak boleh sakit
hati (sebagai bukti sama-sama berputih hati dalam diskusi).  Dan, .....karena
Rangkayo telah berkeluarga, maka tentunya proses berbagi "cara mengunyah" adat
dan agama tersebut hendaknya atas sepengetahuan dan izin suami tercinta.

5. Mudah-mudahan Rangkayo tidak berkecil hati, dan semoga segera pulih.

Salam hormat dan kenal untuk semua anggota keluarga.

Salam,
r.a.