Dear Pak Saaf Yang Mulia,

1. Terima kasih atas penjelasan Bapak. Saya sepakat bhw kemahiran semantik
adalah tidak cukup utk menyelesaikan banyak masalah yang ada dalam keragaman
kita. Agar tidak ada bias semantik, maka tolong ijinkan saya untuk memakai pola
bahasa lugas.

2. Barangkali Bpk kurang teliti dalam membaca tulisan saya. Mohon kiranya Bpk
berkenan tulisan saya kembali.

3. Tidak ada masalah dengan label yang diberikan pada filsafat sebagai "ibunya
ilmu". Itu adalah cara seorang guru (baca juga sebagai penulis) untuk menuntun
akal muridnya (baca juga sebagai pembaca) belajar tentang esensi filsafat.

4. Tidak ada masalah pula tentang dikotomi filsafat logika, ...filsafat
etika,..dan filsafat estetika,.....itu hanya salah satu cara untuk membedakan
dan mempermudah membahas filsafat dari suatu subjek dan/atau objek yang sedang
dipelajari. Namun demikian, barangkali kita jangan lupa bahwa bukan hanya 3 itu
aspek dan elemen kehidupan.

5. Jika "anak" nya disebut berjenis "ilmu", maka sudah pasti bahwa "ibunya" pun
berjenis ILMU. Untuk itu, barangkali perlu  kita ingat kembali bahwa telah
ribuan tahun orang mempelajari yang namanya FILSAFAT ILMU.

6. Apa yang saya posting terdahulu adalah pada tataran FILSAFAT
ILMU,...sehingga memang sulit untuk dipahami dengan rujukan yang Bpk sebutkan.
Dalam Filsafat Ilmu pasti kita bahas dimana dan bagaimana letak wisdom,
empirical of daily practice dan teori, ....termasuk reciprocal dynamic nya.

7. Menyimpulkan filsafat sebagai "ranah pemikiran spekulatif" hanyalah suatu
(maaf) "kemalasan" sekelompok orang dalam mensitensa berbagai mozaik yang ada
(jika tidak ingin dikatakan sebagai kekeliruan).

8. Dalam banyak studi perbandingan agama, ...memang ada yang melarang utk
memasukan IMAN sebagai subjek atau objek dari FILSAFAT. Tapi kenyataan yang ada
hampir semua agama di dunia ini (tentunya termasuk ISLAM) mempunyai relung
filsafatnya sendiri-sendiri,...dan bahkan tentang TUHAN yang mereka percayai.

Sebagai contoh ekstrim, ...maka gaibnya ALLAH adalah salah satu subjek dan juga
sekaligus objek dalam filsafat Islam. So, masak filsafat iman menjadi terlarang
sich Pak?

9. Saya ingin jujur mengatakan bahwa saya sangat terkejut ketika Bpk cc kan
reply Bpk pada beliau-beliau tersebut. Saya fikir hal tersebut adalah diluar
batas kebiasaan umum.

Atas hal itu, maka pada awalnya saya adalah menjadi kehilangan semangat untuk
melanjutkan diskusi ini. Namun demikian, reply ini tetap saya tulis untuk
menghargai para anggota majelis yang barangkali "tertarik" atas materi diskusi
kita ini.

Atas semua itu, maka mohon ijinkan saya untuk menjadikan tulisan ini
sebagai tulisan penutup saya dalam diskusi kita ini.  Apapun tanggapan Bpk atas
tulisan saya ini akan tetap saya baca dan saya HARGAI,... tetapi saya MOHON
MAAF tidak akan saya reply lagi.

Dalam konteks esensi diskusi, saya fikir kita sudah sama-sama bisa melihat
dengan jelas"posisi berdiri" kita masing-masing, dan juga letak titik tempat
kita berdiri tersebut.

10. Mohon maaf atas kesalahan pilihan kata dan kalimat serta hal yang membuat
Bpk tidak berkenan.

Salam,
r.a.
L, 45, Jkt.