  From: Bot S Piliang
  To: RantauNet@googlegroups.com
  Sent: Tuesday, August 04, 2009 12:22 PM
  Subject: [...@ntau-net] Re: Ado apo jo PLN...? abihkan juo lah rimbo tu

        Menambahkan sajo ..
        Kebetulan ambo memang karajo di PLN Pusat Jakarta, tapi dalam hal ini
ambo menjawab dengan kapasitas pribadi saja:
        Saya pernah bincang-bincang dengan mantan GM PLN Sumbar, Bpk Sudirman
(beliau ternyata orang Piaman juga). Mengapa SUMBAR masih krisis listrik,
apakah karena sumber energi kita tidak mencukupi atau bagaimana.
        Beliau menjelaskan, SUMBAR memang minus akan batubara, gas alam maupun
minyak bumi yang menjadi bahan bakar Pembangkit Listrik Massal. Untuk Sumatera,
lumbung energi nasional berada di Sumatera Selatan dimana batubara dengan
kualitas tinggi begitu melimpah, sedangkan disisi utara terdapat Aceh dengan
Gas Alam dan Minyak Buminya.
        Namun, Kalau SUMSEL adalah lumbung energi, maka SUMBAR adalah Lumbung
Energi Hijau.
        SUMBAR memiliki potensi MikroHydro terbesar di Sumatera, juga pontensi
Panas Bumi yang besar setelah Sumatera Utara. Namun potensi-potensi ini mau
tidak mau harus digerakkan secara bersama-sama oleh seluruh elemen masyarakat
SUMBAR.
        Permasalahan PLN terbesar adalah keterbatasan kemapuan investasi,
itulah sebabnya pertumbuhan konsumsi listrik tidak bisa diikuti oleh
pertumbuhan Supply dan penambahan pembangkit.
        Mungkin berbagai prejudice tentang PLN akan muncul, baik itu efisiensi,
isu korupsi dan sebagainya, sebagai karyawan muda di PLN saya sendiri juga
mendukung isu tersebut dengan rekan-rekan lainnya. Namun good will dari
pemerintah daerah dan pusat sebagai regulator juga berperan disini. Misalnya,
bagaimana upaya mengatur sepak terjang HPH yang berdampak pada turunnya elevasi
danau-danau sumber listrik di Sumbar. Kemudian kemudahan investasi bagi para
pengusaha/investor pembangkit di Sumbar sendiri. Sebagaimana diketahui PLTU
Teluk Sirih yang nantinya diharapkan menjadi sumber listrik di Sumbagteng,
masih terkendala masalah pembebasan lahan dan sekelumit aturan lainnya.

        Sekedar menambahkan.
        salam
        Bot SP

        Bot Sosani Piliang
        Just an Ordinary Man with Extra Ordinary Dream
        www.botsosani.wordpress.com
        Hp. 08123885300