From: Andrinof A Chaniago <andri...@gmail.com>
Date: Tue, 6 Oct 2009 17:23:02
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: Bls: [...@ntau-net] Re: Mohon informasi arah bantuan

Sedang diperlukan penyampaian informasi dan analisis cepat kebutuhan korban
supaya kebutuhan prioritas masyarakat korban terpenuhi dengan cepat dan
tepat. Informasi dari beberapa sumber juga diperlukan, agar terhindar dari
pertimbangan-pertimbangan subyektif dan agak emosional.
Mohon berkenan mencocokkan dan menyempurnakan informasi dan kesimpulan saya
berikut:
1. Dua hari lalu, RS AD Gantiang dan RS M Hamil di Padang merasa kekurangan
tenaga ahli bedah tulang dan ahli bedah syaraf, sementara di RS UD Pariaman,
mereka merasa tenaga dokter ahli bedah cukup.
2. Saya perkirakan, di banyak rumah sakit terjadi kekuarangan tenaga
perawat. Namun perlu konfirmasi dari relawan di lapangan.
3. Saya melihat, kecuali untuk daerah-daerah yang agak terisolir dan di
pusat Kota Padang, sembako tidak menjadi masalah serius. Pasar, toko-toko
dan warung tempat penjualan sembako, semua terlihat sudah nornal. Kebutuhan
yang masih mendesak bagi keluarga yang rumah mereka mengalami kerusakan
parah, seperti di Kabupaen Padang Pariaman, adalah terpal plastik utk
membuat ruang darurat. Pemprov dan Pemkot/Pemkab memang mengeluarkan
kebijakan tidak mendirikan tenda pengungsian. Pada tingkat tertentu saya
setuju. Tetapi, jangan lupa bahwa masyarakat butuh terpal pastik untuk
mendirikan ruang-ruang darurat di lahan pekarangan mereka dengan
memanfaatkan kayu sisa-sisa reruntuhan rumah mereka yang kemudian ditutupi
terpal plastik;
4. Untuk anggota keluarga yang selama di tika Korong, Nagari Tandikek,
Kecamatan Patamuan, kebutuhan mereka tentu sangat khusus. Mereka butuh
pakaian, tempat tinggal sementara, makanan, dan sebagainya. Khusus untuk
anak-anak yang selamat, mereka tentu penanganan khusus.

Mohon kiranya rekan-rekan lain menyempurnakan informasi dan kesimpulan saya.
Catatan di atas saya buat setelah melakukan observasi ke Posko Gubernuran,
ke RS AD Gantiang, RS M Jamil, RSUD Pariaman (tentu disertai wawancara
dengan Kepala RS dan petugas di RS), dan peninjauan di sejumlah era di
Padang, Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Ketika kembali dari
nagari Tandikek, saya dipandu oleh teman di Padang melewati jalan-jalan
kecil melewati kampung-kampung, sehingga bisa menyimpulkan bahwa di Kab
Padang Pariaman sebagian besar rumah hancur dan tidak meungkin digunakan
kembali.

Mohon maaf saya tidak bisa mengunjungi Posko teman-teman dan juga kesulitan
berkomunikasi walaupun sudah menyiapkan dua nomor telpon. Saya tadi malam
sudah kembali ke Jakarta-Depok. Saya akan menyiapkan usulan program paska
emergency dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Ide sudah ketemu.
Peluang mendapatkan sumber daya, sebagian juga sudah terlihat. Dalam waktu
dekat, insya Allah, saya akan kembali ke Padang.
Wass,

Andrinof A. Chaniago (L, 47)
0811848554 - 0818779912 - 02170078700 (khusus no ini via Nina)