Pak Nof,

Berkat info bung Riri, saya sudah mulai banyak membaca bahan tentang bencana
ini.[Secara kebetulan, dahulu saya adalah ketua tim kecil Komnas HAM untuk
memberikan masukan kepada Pansus DPR RI yang menyusun RUU Penanggulangan
Bencana ini.] Satu hal adalah jelas bahwa masalah penanggulangan bencana
bukanlah hanya berkisar sekitar tersedianya dana saja. Cakupannya demikian
luas, bersifat lintas sektoral, dan harus melibatkan peran-serta masyarakat.

Syukurnya, Provinsi  Sumatera Barat sudah mempunyai "Rencana Penanggulangan
Bencana Provinsi Sumatera Barat, 2008 - 2012" dan Peraturan Daerah Nomor 5
Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Dengan kata lain, 'software'-nya
sudah yahud, tinggal melaksanakannya secara koheren dan konsisten.

Hanya, oleh karena seluruh perangkat lunaknya tersebut masih baru, saya rasa
perangkat--  serta personil yang diangkat dalam Badan Daerah Penanggulangan
Bencana (BDPB) -- belum seluruhnya mahir dan piawai dalam tugasnya. Apalagi
pernah diberitakan bahwa para kepala daerah belum pernah mendapat pelatihan
mengenai manajemen kebencanaan, padahal beliau-beliau lah yang bertanggung jawab

Sehubungan dengan itu, saya teringat bahwa salah satu tugas TNI adalah
menangani bencana ini ("military operations other than war"). Saya mendapat
khabar dari senior saya, Letjen Pur Kiki Syahnakri, mantan Wakasad,sekarang
ketua Balitbang PPAD, bahwa TNI pernah mengadakan latihan posko 'crisis
center', yang juga mencakup latihan penanggulangan bencana.

Saya telah menyarankan kepada Jenderal Kiki Syahnakri agar TNI menawarkan
pelatihan manajemen penaggulangan bencana ini kepada seluruh jajaran BNPB/BDPB
di Indonesia. Saya memang khawatir bahwa tanpa kemampuan manajemen
penanggulangan bencana ini, akan terjadi inefektifitas dan inefisiensi, yang
seluruhnya itu akan merugikan para korban bencana.

Kalau tak ada halangan, besok Senin tanggal  19 Oktober jam 12.00 bersama
dengan Dr Rahyussalim dan pak Muchlis Hamid, saya akan menemui Kepala BNPB di
Jl Juanda 36, Harmoni, Jakarta, untuk meminta masukan lebih lanjut serta untuk
memberikan urun-remrub a la kadarnya.

Wassalam,
Saafroedin Bahar(Laki-laki, masuk 73 th, Jakarta)