Assalamualaikum Wr Wb

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke bumi lancang kuning,
tepatnya kota Pekanbaru. Kota yang sekarang sedang cerahnya dengan pembangunan
di berbgaai bidang. Siang dan malamnya berkilau. Saya begitu kagum dan
“Amaze”dengan
kota ini. Otonomi daerah dan minyak yang berlimpah tentu sah sah saja kalau
pekanbaru menjadi melesat jauh meninggalkan kota rujukannya dulu, Padang.

Namun ada fenomena yang menyedihkan disana, khususnya bagi
orang Minang yang hidup di peknabaru, khususnya lagi Orang Minang yang berkerja
dalam sector formal – pemerintahan. Agaknya pengakuan sebagai orang Minang
menjadi sesuatu yang di pantangkan disana. Suatu saat saya berkenalan dengan
seorang staff kejaksaan di Bangkinang. Ketika awal perkenalan, beliau mengaku
orang asli melayu pekanbaru, kemudian setelah berbicara agak lama, ternyata
aslinya
orang Minang, Solok.

Intinya, kebijakan putra daerah di pekanbaru dan Riau telah
memaksa urang awak disana kemudian mengganti identitasnya. Namun hal ini hanya
terjadi pada etnis minang, etnis jawa dan batak mereka tetap tegak
dengan identitas kesukuannya. Kekaguman saya dengan PKU, tiba-tiba
hilang menjadi kecewa dengan pemdanya. Saya berpikir, kisah urang Minang di
Riau ibarat orang
Yahudi di Jerman dan Perancis pada era NaZI. Demi menyelamatkan diri dari NAZI,
akhirny mereka mengecat
rambut menjadi pirang, mengganti nama dan menyembunyikan identitas yahudi
mereka. Mudah2an ini hanya pandangan saya , danmudah2an itu salah.

Tapi memang saya melihat adanya upaya melayunisasi di Riau.
Kabupaten yang masyarakatnya secara historis merupakan bagian dari Minangkabau
(dalam konteks social budaya), dipaksakan untuk menjadi melayu-riau. Padahal
tampilan visual, rumah gadang, bahasa maupun kebiasaan mereka nyata-nyata sama
dengan kita. Sebagai contoh di Teluk Kuantan dan Bangkinang. Di Bangkinang,
rumah gadang lontiak yang nyata-nyata mengadopsi rumah gadang Minangkabau,
kemudian ditambahkan ujung atapnya menjadi seperti atap rumah melayu. What the
hell is this…ini adalah pengelabuan sejarah.

Memang saat ini Kampar, Teluk Kuantan masuk dalam wilayah
Riau, tapi ini adalah wilayah secara administrative. Tindakan pemda Riau untuk
memelayukan penduduknyua dengan segala macam dalih, sungguh suatu kebijakan
yang tidak menjunjung perbedaan dan kebhinnekaan.

Mungkin Mamak, Bundo dan Uda/Uni yang berdomisili di Riau
dapat memberikan pencerahan pada ambo. Barusan ambo membaca website
pemerintahan Riau, dimana Gurbernur Rusli Zainal memang betul2 mencanangkan
melayunisasi ini , khususnya untuk kabupaten Kuansing dan Kampar….

Salam

Bot Sosani Piliang
Just an Ordinary Man with Extra Ordinary Dream
www.botsosani.wordpress.com
Hp. 08123885300