Kafir
Oleh K Suheimi

"La" artinya sungguh-sungguh kata guru saya menjelaskan makna bahasa Arab.
"Qad juga arinya sungguh-sungguh"
Kata beliau sambil menerangkan dengan jelas

Jadi bila bertemu. La dengan Qad pada kata-kata Laqad, maka artinya dua
sungguh2 menyatakan kalimat sesedahnya sangat benar dan sangat berarti
Bahkan serng kalimat Laqad ini digunakan sebagaii sumpah akan kebenarannya.

Lalu saya tertekur ketika membaca surat Al-Maidah ayat 17 yang diawaliii oleh
kata-kata Laqad
Sungguh--sungguh benar atau benar-benar sungguh.
Atau sesungguhnya

Coba kita baca bersama
Qs 5;17

"Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: 'Sesungguhnya Allah itu
ialah Al Masih putera Maryam'. Katakanlah: 'Maka siapakah (gerangan) yang dapat
menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera
Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi
kesemuanya?'. Kepunyaan Allahlah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada
diantara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha
Kuasa atas segala sesuatu."

Maka saya tercenung. Dan sedih mengikat ada saudara saya yang mengaku bahwa
"Isa Al Masih putra Maryam itu Allah"

 Mereka (orang-orang kafir) berkata: 'Allah mempunyai anak'. Maha Suci Allah,
bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah; semua tunduk
kepada-Nya.

(Ingatlah), ketika Allah berfirman: 'Hai Isa, sesungguhnya Aku akan
menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta
membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang
mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian
hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal
yang selalu kamu berselisih padanya'.3;55

Pekan baru 18 febr 2010