From: Reni Sisri Yanti <resy_2...@yahoo.com>
To: Hambo Ciek <hamboc...@yahoo.com>
Sent: Thu, February 18, 2010 4:20:44 AM
Subject: Re: [...@ntau-net] Kafir

tadi reni baca di
http://santribuntet.wordpress.com/2007/08/29/shalat-bersama-matahari/

untuk mengenang masa kegelapan yang panjang ini digunakanlah bagi umat islam
untuk mengerjakan shalat “Isya”. Arti “Isya” adalah makan malam. Jadi shalat
isya adalah sebagai pengingat akan sebuah proses kehancuran jasad di dalam
tanah yang dimakan malam oleh jasad renik. Waktu penguraian memang panjang.
Sebagaimana pula waktu Isya begitu panjang.
Masa menjelang subuh (fajar shodik) diibaratkan dengan proses janin dalam perut
ibu menjelang kelahiran. Makanya, ada pula orang yang bangun malam di sepertiga
malam ini. Ia diisi dengan olah fikir, dzikir baik badan maupun hati kepada
Allah Yang Maha Besar (shalat tahajud). Pekerjaan sepertiga malam ini sebagai
pengingat akan proses menuju kelahiran jiwa yang mulia.
Ya Allah, semoga saya, keluarga, dan siapa saja, bisa mengakrabi dan merasakan
proses siklus waktu, dan siklus matahari sebagai bagian dari diri kita.
lalu menurut mak ngah?