From: jupardi...@yahoo.com
Date: Mon, 22 Feb 2010 15:00:05 +0000
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [...@ntau-net] Manga musti harus diubah?

Ni Dewi dan Rina

Betul sekali apa yang Uni sampaikan
"Kedudukan kaum wanita pada sistim matrilineal sangat tinggi dan sangat
dihargai."

Saya jadi ingat salah seorang kawan saya di asrama ketika kuliah dulu orang jawa

Dia sangat respek dengan sistim kekerabatan kita dalam bahasa yang sederhana
dia mencontohkan

"Seandainya dalam perkawinan misalnya terjadi perceraian dimana pihak laki2
dirumah pihak perempuan tinggal maka sang laki2 yang "angkat kopor " ini lebih
terhormat dan dari segi etika lebih pas dilihat, saya tidak bisa membayangkan
kalau sistim patrilineal jika ini terjadi maka wanitanya angkat kopor keluar
rumah bagaimana pandangan orang"

Secara bercanda dia bilang seperti lagu betharia sonata ? " Pulangkan saja aku
pada ibuku atau ayahku"

sederhana memang pendapatnya tapi lebih dari sekedar "angkat mengangkat kopor"
saya pikir tentu makna lebih dari itu tentang tinggi dan uniknya budaya kita

Saya menunggu pendapat sanak2 nan lain seperti dari kaum muda (Andiko
misalnya..).

Wass-Jepe

      Lebih bergaul dan terhubung dengan lebih baik. Tambah lebih banyak teman
ke Yahoo! Messenger sekarang! http://id.messenger.yahoo.com/invite/