Assalamualaikum Pak Jacky dan dunasanak RN yang berbahagia,,

Sepuluh tahun setelah pak Jacky meninggalkan Bagan  th 1976, saya hadir di
Bagan menyaksikan apa yang Bapak saksikan.
tiga puluh tahun kemudian 2006 saya kembali ke sana. Bagan sudah berubah total,
Bagan sudah berubah dari kecamatan jadi Kabubaten tidak report ke Bengkalis
lagi.

Cerita mengosok gigi berbaris di depan rumah, berasal dari Negeri Cina. Saya
jadi teringat sewaktu saya kerja di Angola, Negeri yang baru keluar dari perang
saudara puluhan th. dengan ditemukan minyak menjadi negeri yang tercepat
pembangunannyadi Subsahara. Angola menolak bantuan IMF, lebih memilih bantuan
dari Cina dan menerima semua pekerja dari cina untuk membangun Negerinya.

Setiap pagi dalam perjalan kekantor para pekerja pekerja bangunan Cina duduk
mencangkung dipinggir jalan seperti berbaris teratur memegang gayung plastik
sambil menggosok gigi bersama. Sebuah pemandangan yang aneh bagi masyarakat
setempat.

Para expatriat kawan2 saya ada yang ketawa  ada terheran heran melihat budaya
cina tsb.

 Wassalam
Zulkarnain Kahar
Philips Island-Southern Aurtralia