Nofend, Pak Saaf dan Dunsanak sadonyo.

Iya, memang "aturan mainnya" sudah jelas, antara lain di UU 10/2004, bahwa
suatu perundangan tidak bisa bertentangan dengan yang lebih tinggi. Dan
tentang larangan diskriminasi ini ada di UUD 45.

Tentang perda2 di Sumbar itu, apakah itu "layak" atau tidak ada mekanisme
yang mengaturnya. Walaupun saya tidak tahu persis bagaimana dengan perda
tentang pendidikan, tapi kalau tentang pajak dan retribusi daerah ada.
Hasilnya, sudah ratusan perda yang dicabut.

Kembali ke pertanyaan Nofend. Saya belum pernah membaca perda kota padang
tersebut. Tapi saya yakin, ini tentunya hanya akan mengikat siswa yang
beragama Islam.

Tentang Manokwari, setahu saya perda itu tidak ada. Yang ada adalah usulan
dari golongan tertentu. Kalau tidak salah, jangankan perda, jadi raperda pun
belum.

Riri
Bekasi, l, 47