--- In rantau...@yahoogroups.com, Riri Chaidir <riri.chai...@...> wrote:
> Surprise nan partamo, karena Samsu "si anak mami" ternyata tertarik untuk
> merantau. Keluarga juga tidak keberatan. Dan kemudian dia ternyata "tahan
> banting", dan kemudian berhasil.

Betul Dinda Riri. Perlu dielaborasi sedikit suka duka si Samsu sebagai `anak
mande' yang cenderung agak sulit baradaptasi ketika mulai harus hidup dengan
cara dengan lingkungan yang sangat berbeda, antara lain masalah cuaca, cara
hidup (air bersih yang terbatas, tandai habis dipakai harus disiram) dan
masalah selera.

Di tahun-tahun tersebut, cabe keriting masih sangat langka di Jakarta, semua
masakan harus menggunakan cabe merah yang besar-besar itu. Sedangkan beras yang
ada di pasaran ketika iatu hanya dua: Beras Amerika yang pulen seperti ketan
atau beras perak yang sering nyangkut di tenggorokan :).

Kalau tokh kemudian  dia berhasil hal itu disebabkan karena kebiasaannya
mengerjakan sesuatu dengan rajin dan tekun serta faktor si kepribadian Kiah,
yang seperti kebiasaan urang-urang awak dalam berjualan, bahu-membahu dengan
suaminya.

Dari pengamatan saya dengan data dan lingkungan yang sangat terbatas, orang
kita Agam mempunyai bakat yang lebih baik dalam berdagang, sementara kita orang
Padangpanjang lebih piawai menjadi pegawai.

Saya dan adik-adik saya yang beribukan orang Padangpanjang semua jadi pegawai.
Kalaupun ada yang berjualan, dari dulu ya begitu-begitu saja :).  Sementara
adik-adik kami berdunsanak ayah yang beribukan orang Agam semua menjadi
pedagang di Tanah Abang. Salah seorang di antaranya, Alhamdulillah, berhasil
menjadi salah seorang `bos' di Tanahabang dan dia benar-benar merangkak dari
bawah.

Wallahu a'lam

Wassalam, HDB-SBK (67-)