Waalaikumsalam wr.wb.

Armen yang baik. Posting saya sebelumnya terbatas menjawab pertanyaan Armen
apakah ada NGO dibidang Pembangunan Nagari.

Jawaban saya: tergantung bagaimana mendefinisikannya. Kalau itu terbatas di
satu nagari terterntu, ya tanya da Rainal (salah satunya) untuk lingkup Sulik
Aia (pembangunan fisik dan capacity building).

Tapi kalau lebih luasnya (baik wilayah maupun aspek yg dibangun) itu sulit
menemukan NGOnya. Kenapa? Ya, wong definisi/ lingkup"Pembangunan Nagari" itu
sepertinya perlu dipertegas dulu.

Nah, jangankan diantara "urang rami" sedangkan dikalangan yang sangat terbatas
saja sulit untuk menangkap pesan: "apa yang dimaksud dengan pembangunan nagari".

Ga percaya? Tanya Arief, yang berusaha membuat notulen diskusi waktu HBH di
rumah Da Irsyal kemaren. Waktu da Rainal bicara, jelas dan terstruktur. Saya
mulai memahami apa yang dimaksud dengan "Pembangunan Nagari" -baik fisik maupun
non fisik. Uda Bakhtiar Muin, masih bisa saya cerna, masih inline dengan da
Rainal.

Tapi setelah itu, saya mulai bingung, karena saking "luas"nya diskusi. Haha,
silahkan tanya Arif, kenapa dia berhentui membuat notulen setelah butir ketiga
atau keempat.

Tentan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal yang Armen ceritakan dibawah,
mohon maaf, ada beberapa catatan dari saya.

UU 22/99 itu sudah tidak berlaku lagi, diganti (bukan diamandemen) dengan UU
32/2004.

Tentang prosentase belanja, kalau dikatakan bahwa Belanja Pegawai mencapa 60%
APBD itu bisa saja untuk banyak daerah, tapi kalau dikatakan dari Anggaran
Pemerintah, kurang tepat. Kalau memang seperti itu, daerah tidak ada kegiatan
donk. Kan ada Dana Dekon/TP.

Satu lagi, dana BOS itu bukan dari APBD, tapi dana Dekon dari Kementerian.

Kembali lagi ke pertanyaan Armen semula, menurut saya, tergantung bagaimana
Armen mendefinisikan "Pembangunan Nagari" dan "NGO" itu.

Wassalam

Riri
48/L/bekasi

Powered by Telkomsel BlackBerry®