From: Arman Bahar <arman_ba...@ymail.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Mon, 18 Oct 2010 10:06:10
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Bls: [...@ntau-net] Sebuah Kamar Merangkap Rumah

Assalamualaikum ww
Mamak 'n dunsanak nan dirahmati Allah

Yuup, suai bana ambo jo Kanda Buya, idealnyo kan iyo baitu, urang sumando nan
dicito tantu urang sumando niniak mamak, urang sumando nan di anjuang tinggi di
ambak gadang, sajalan pulo jo pasal dalam Undang2 Nagari ayat 4 nan babunyi
Rumah Gadang Batungganai manuruik kato pusakonyo "RANTJAK RUMAH DEK URANG
SUMANDO, ELOK HUKUM DEK MAMAKNJO"

Rumah Gadang di Minangkabau merupakan perkampungan keluarga yang terhimpun
dibawah pimpinan MAMAK RUMAH atau MAMAK TUNGGANAI

Mamak Rumah ini berperan ganda disamping sebagai mamak dikeluarga kaum sukunya
juga sebagai ayah dari anak2 dirumah gadang istri2nya, sehingga disebut dalam
kato pusako "Anak dipangku kemanakan dibimbiang"

Urusan memangku anak ini dalam hubungannya sebagai suami dan beranak berbapak
dan berkenaan dengan harta pencarian (gono gini) sebagai hasil usaha sendiri
atau usaha keluarga / suami istri dibicarakan dan diperundingkan didalam biliak
atau kamar istrinya bukan diruang lain sesuai dengan kato pusakonya "Sa-dalam2
payo sadalam dado itiak, sa-tinggi2 kuaso rang sumando, sabateh pintu biliak"
begitulah idealnya laki2 Minang berperan sebagai urang sumando dalam membina
istri dan anak2nya walau mereka tidak sesuku dengan-nya dirumah keluarga besar
istrinya

Jadi di rumah gadang atau dirumah keluarga besar istrinya itu ada 2 kekuasaan
yaitu kekuasaan urang sumando dan kekuasaan mamak tungganai (saudara laki2
istrinya yang dituakan dalam keluarga istrinya tersebut)

Adalah ideal bila saja kedua kekuasaan itu berjalan harmonis saling isi mengisi
sesuai fungsi masing2 hingga keluarga tersebut disegani orang "RANTJAK RUMAH
DEK
URANG SUMANDO, ELOK HUKUM DEK MAMAKNJO"

Tentu tidak semua keluarga dalam kebanyakan rumah gadang berjalan ideal dan
harmonis, maka dalam hal terjadi ketidak harmonisan, baik itu karena sesuatu
atau berbagai sebab yang mendukung hingga bermuara ke pacah kongsi, posisi rang
sumando dikatakan dalam mamang adat "bak abu diateh tunggua" artinyo ketika ada
angin yang tidak bersahabat atau badai maka sang abu atau rang sumando itu
mudah
saja terbang bersama angin, artinya lagi, karena laki2 Minang itu kan statusnya
numpang dirumah keluarga besar istrinya, bila terjadi pertengkaran yang tidak
dapat diselesaikan maka sang suami atau si laki2 Minang tersebut tinggal angkat
kaki dari sana atau setelah melalui suatu pertengkaran hebat bisa saja sang
istri silap karena udah full pula emosinya, mengusir sang suami

Inilah yang disebut buya HAMKA yang juga seorang Pangulu dalam kaumnya yang
bersuku Tanjung itu bahwa laki2 Minang itu laki2 malang, sudahlah waktu muda
hingga akhil balikh tidurnya di surau (Dilarang keras tidur dikamar rumah besar
karena disana tidur saudara2 perempuannya, ntar ngeres, terjadi apa2 lhaa siapa
tau kan?), nah kemudian setelah mengakhiri masa lajangnya beristri, kan numpang
tinggal pula dirumah keluarga istrinya, iyyaa kalau lancar2 dan aman2 aja,
misalnya dirumah itu sesama sumando saling tenggang rasa, jangan mentang2 yang
satu ekonominya baik karena saudagar babelok lantas agak meremehkan pambayan
atau anggota sumando yang lain, atau sebaliknya bisa juga sang sumando yang
ekonomi lemah ini sangat sensitif dan sangat perasa, maka tidak nyamanlah
tinggal menumpang dirumah keluarga istrinya itu

Merantau adalah jalan keluar yang terlihat menggiurkan, biar dirantau tinggal
dirumah kontrakan namun hati nyaman awak hidup beranak beristri membina
keluarga
sambil berusaha dan berdoa mudah2an dimurahkan Allah rejeki bisa suatu saat
nanti memiliki pula rumah sendiri, kan gituuuu...
mohon maaf kalau kurang berkenan
wasalam
abp58