Oke Reni

Masalah "insiden" spanduk NH yang terbentang lebar,panjang dan cukup
"meraksasa" di stadion gelora Bung Karno yang diturunkan penonton saat
menyaksikan timnas kita berlaga dengan timnas Malaysia dalam ajang kompetisi 2
tahunan antar negara2 ASEAN yang paling bergengsi dikenal dengan AFF Suzuki Cup
menurut saya dilihat dan dipandang dari sisi manapun tentu tidak patut dan
pantas spanduk tersebut yang nota bene adalah bentuk "kenarsisan" ketua umum
PSSI dengan segala kepongahan dan kepedean dirinya. Saya merasa yakin juga
spanduk itu dibentang dan ditampilkan adalah rekayasa semata oleh orang2
suruhan NH yang punya kepentingan, buktinya jika spanduk yang membentang itu
bentuk kecintaan masyarakat banyak sepakbola terhadap prestasi NH dalam
mengendalikan PSSI serta membawa dunia persebakbolaan tanah air kita sarat
prestasi tentu spanduk itu tidak akan di turunkan oleh banyak penonton dan
mendapatkan tepuh meriah gegap gempita atas diturunkan spanduk si NH ini

Rasa-rasanya sepanjang sejarah sepakbola kita (PSSI) yang saya amati belum
adalah kiranya memajang spanduk Ketua Umumnya (yang lebih cendrung meng
elu-elukan sosok seseorang isi spanduk tersebut), TimNas kita berlaga di gelora
BK membawa nama bangsa dan negara serta harapan masyarakat Indonesia agar bisa
menjadi nomor satu di ajang ini, Timnas kita dimiliki oleh semua masarakat
apapun agama, suku, ras, ideologi, golongan, partainya dan lain sebagainya,
jadi spanduk tersebut jelas sekali bentuk-bentuk arogansi seseorang yang
berkuasa (dengan kekuatan uangnya)  dan mempunyai pengaruh di Republik ini

Kita bisa melihat di ajang sepakbola piala Dunia yang berlansung di Afrika
Selatan, tidak ada satupun spanduk (biasanya disorot kamera jika ada) yang
mengusung dan menggadang-gadangkan petinggi FIFA serta organisasi dibawahnya
sebut saja spanduk yang mengusung nama ketua FIFA Joseph Blatter atau Ketua
UEFA yang paling populer sekaligus pemain bintang yang pernah bersinar dimasa
kejayaannya di era 80 an siapa lagi kalau bukan si maestro lapangan tengah
Perancis "Michael Platini"

Spanduk tersebut sebuah tindakan yang memalukan menurut saya, apalagi ini
sebuah agenda resmi AFC serta mendapat perbatian dari FIFA.Dijaman era
keterbukaan serta teknologi informasi yang modern ini tentunya "insiden"
spanduk tersebut disaksikan oleh mata-mata masyarakat negara lain melalui layar
kaca, pemberitaan baik cetak dan elektronik dan tentunya AFC serta FIFA walau
memang saya pikir tidak ada regulasi tentang hal ini apa boleh atau tidak
seorang ketua organisasi sepakbola negaranya berkampanye di ajang-ajang resmi
sepakbola tersebut tapi paling tidak spanduk tersebut jelas sebuah tindakan
yang memalukan yang dilakukan kaki tangan NH yang memasangnya dan nama
Indonesia di percaturan sepakbola dunia.

Tentu lain cerita jika spanduk seorang ketua umum bertebaran sana sini dalam
gelora BK jika ivennya adalah sebuah rapat akbar Partai misalnya dan memang
begitu rasanya "pakem" yang berlaku penuh eforia, yel-yel, spanduk, baliho,
poster sang ketua umum.

Tapi ya sudahlah semua telah  terjadi begitulah sepak terjang NH dengan
kroninya para petinggi PSSI dalam mengurus dan mengendalikan sepakbola tanah
air, lebih banyak carut marut yang dihadirkan ke masyarakat pecinta sepakbola
dari pada prestasi (silahkan googling tentang NH di dunia saiber atas tindak
tanduknya selama menjadi Ketum PSSI)

Terakhir sama berharap dan berdoa kita semoga kemenangan dilaga pertama melawan
Malaysia yang sangat impresif sebagai modal semangat dan moral bertanding yang
tinggi buat Firman Utina dan kawan-kawan dalam menghadapi laga kedua di AFF
Suzuki Cup melawan timnas Laos, Semoga Edisi kali ini Indonesia bisa merebut
kembali kejayaannya di antara negara_negara Asia Tenggara seperti jaman era
keemasasn sepakbola kita di tahun 70 an sampai paing tidak di tengah tahun 90
an yang pernah menjadi terbaik di AsTeng dan cukup disegani serta punya nama di
tingkat ASIA

Kita tunggu prestasi TimNas kita dilaga berikutnya dan tentunya tidak ada lagi
spanduk yang bikin kesal dan jengkel para penonton di stadion tersebut
terbentang lagi

Itu saja komentar saya, maaf Dinda Reni, saya tidak bercanda dan tidak ada
"lucu-lucu" yang Reni harapkan dari komentar saya seputar spanduk itu

Sekarang balik saya bertanya bagaimana komentar Reni dengan Spanduk tersebut

Terima kasih

Salam-Jepe