Tarimo kasih dinda Armen,

Mantraps bana kirimannyo

Wassalam,

Zainul Akhir Tanjung, 48 th, Pku-Riau

From: rantaunet@googlegroups.com [mailto:rantaunet@googlegroups.com] On
Behalf Of Armen Zulkarnain
Sent: Wednesday, March 16, 2011 5:01 AM
To: rantaunet@googlegroups.com
Subject: [R@ntau-Net] Laki-Laki di Minangkabau, Bersekolah & Menikah

Assalamualaikum wr wb

Angku, mamak, bundo sarato adi dunsanak sapalanta RN nan ambo muliakan.

Perkawinan di ranah minang pada umumnya dimasa lalu melalui perjodohan
oleh pihak keluarga yang diusahakan oleh orangtua ataupun mamak dari
yang akan menikah. Pada umumnya dimasa lalu urang awak ko manikah diusia
nan cukuik mudo, sekitar 20-25 th untuk yang laki-laki & 15-20 th bagi
yang perempuan.

Sebagai contoh, kakek & nenek saya menikah waktu usia 21 th & 19 tahun.
Sebagai tambahan informasi, di kampung halaman saya dimasa lalu adalah
hal yang umum anak kemanakan bersekolah hingga Sumatera Thawalib
(laki-laki) & Diniyah Putri (perempuan) yang berlokasi di Padangpanjang.
Hal ini dimungkinkan karena dimasa kolonial Belanda jaringan kereta api
berakhir di Nagari Limbanang (yang melintasi Nagari  VII Koto Talago -
hanya berjarak + 2 km dari nagari Kubang).

Namun saat ini, pernikahan di nagari kami mengalami fenomena yang umum
terjadi pula di nagari-nagari di Minangkabau, yaitu cukup banyak pihak
laki-laki yang terlambat menikah (hingga sampai usia 30 tahun lebih
belum juga menikah). Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah ekonomi
si laki-laki ini. Apalagi bila standar ekonomi perantau di nagari
tersebut tergolong tinggi, sehingga tuntuan besarnya biaya pernikahan
juga tinggi.

Sebagai tanbahan informasi pula, di nagari saya berlaku adat salingka
nagari dimana pihak laki-laki diharuskan mengisi "suduik-suduik" yang
diminta oleh calon anak daro. yang dimaksud dengan suduik-suduik ini
adalah perlengkapan kamar seperti lemari pakaian, perabot tidur, dan
lain sebagainya yang mengisi suduik-suduik kamar pengantin.

Oleh karena itu berlaku pameo, pabilo lah taragak babini, iyo harus kuek
pulo mancari. Dari penuturan alm. kakek saya, diperoleh informasi dimasa
beliau hidup, kebutuhan sekolah & untuk keperluan menikah selain
diusahakan oleh keluarga juga dibantu oleh mamak si laki-laki. Bahkan
pihak bako si laki-laki apabila mampu juga ikut membantu.

Ditengah perekonomian yang cenderung terus melemah sejak belasan tahun
terakhir ini, tidak terpikir oleh kita semakin beratnya perjuangan
seorang laki-laki minang untuk bersekolah & menikah? Apalagi kepedulian
antar anggota kaum & bantuan dari pihak bako semakin menipis seiring
kemajuan zaman yang semakin individual.

Setahu saya, sifat sosial ini berkembang dari lingkungan yang rasa
sosial masyarakatnya terjaga dengan baik. Dengan begitu akan banyak
lahir generasi penerus yang tetap peduli dengan kampung halamannya,
sehingga sumbangan dalam bentuk apa saja akan terus mengalir menjadi
rasa sosial masyarakat di nagari-nagari.

Sebagai pelengkap thread ini, saya sertakan lirik lagu minang lamo
Batanam Mumbang serta link file mp3 nya yang bisa diunduh oleh angku,
mamak, bundo sarato adi dunsanak sapalanta RN nan ambo muliakan. Semoga
bermanfaat, pabilo ado nan kurang berkenan, mohon dimaafkan.

wasalam

AZ / lk / 32th

Padang

http://laguminanglamo.wordpress.com/2010/05/27/batanam-mumbang/

Batanam Mumbang
<http://laguminanglamo.wordpress.com/2010/05/27/batanam-mumbang/>

Published May 27, 2010 Pop 60'an <http://en.wordpress.com/tag/pop-60an/>
Leave a Comment
<http://laguminanglamo.wordpress.com/2010/05/27/batanam-mumbang/#respond

Tags: Elly Kasim <http://en.wordpress.com/tag/elly-kasim/> , Masroel
Mamudja <http://en.wordpress.com/tag/masroel-mamudja/> , Upik Saunang
<http://en.wordpress.com/tag/upik-saunang/>

Di tuan lah ado tampak
Cincin balah rotan
Baitu juo di jari denai
Samo di suok di jari manih
Tandonyo kito ondeh
Alah ado nan punyo

Reff:

Badabok iyo badabok
Tasirok darah di dado
Tikam mato tuan juo
Nan manusuak jantung denai

Usah dijalin kasiah ko
Kasiah nan indak ka mungkin
Kasiah kito kok bacando
Rang batanam mumbang

MP3 nyo bisa didonloik pado link dibawah iko :

Elly Kasim - Batanam Mumbang 2,6 MB duration 02 : 46 minutes

http://www.4shared.com/audio/bG3_P_q0/Elly_Kasim_-_batanam_mumbang.htm

* Posting yg berasal dari Palanta RantauNet, dipublikasikan di tempat
lain wajib mencantumkan sumber: ~dari Palanta R@ntauNet
- Untuk topik/subjek baru buat email baru, tdk mereply email lama &
mengganti subjeknya.