From: auliah azza <auliaha...@gmail.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Mon, 24 Oct 2011 20:21:01
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [R@ntau-Net] Waspada Sumatra

wa'alaikumsalam wr wb

pak, penyampaian ini untuk waspada tapi jangan takut, waspada itu perlu tapi
siaga. manusia berusaha tuhan menentukan.

walau ukuran seismik itu kecil, tetap waspada tapi bukan takut ...

gambar yang ditaruh disini didapat dari station seismograf gunungsitoli,
nias. keterangannya sudah tercantum disana. kalau mereka bisa mengambil
gambar2 tsb, pasti mereka punya akses ke station tersebut .....

bapak sudah baca teori domino ? ini linknya
http://gempapadang.wordpress.com/2011/10/24/teori-domino-gempa-bumi/#more-1489

mau tanya2 apakah itu cuma ramalan dukun atau ilmiah atau ada alatnya, bapak
bisa liat2 gambarnya dan tanya-tanya tujuan mereka pemberitahukan hal
tersebut di http://www.facebook.com/edie.nugroho dan
http://www.facebook.com/ade.rahadian
ade rahadian tinggal di kota padang. nah kebetulan bapak tinggal di kota
padang juga :)

mereka lebih berkompeten untuk menjelaskannya ....

data2 mereka salah satunya  ada yang diambil dari BMGnya amerika dan
station2 yang ada di indonesia.

jikalau tidak suka, gpp, saya stop, tujuannya untuk waspada dan siaga tapi
jangan takut dan was-was.

oh ya, mereka juga sudah sering dicaci maki orang : gak sensitif thd
perasaan masyarakat,gak bisa memahami lah..gimana kalo anda yg kena gempa
kata mereka dll. yang bernama ade rahadian, malah pernah kena gempa di
padang.

dan mereka tidak menyampaikan berita gempa yang berisi ditentukan hari, jam,
lokasi. misalnya gempa akan terjadi tgl 26 agustus 2012, di daerah A, pada
pukul sekian... bukannya itu yang dinamakan ramalan ? yang tidak ada
data2/mesin2 untuk menunjukan akan terjadi gempa pada tanggal sekian, tahun
sekian dst.

<http://gempapadang.wordpress.com/2011/10/24/teori-domino-gempa-bumi/#more-1489>the
last :
E-mail dari Tiongkok. Percayai Informasi
Gempa<http://auliahazza.belajar-islam.com/2007/01/26/e-mail-dari-tiongkok-percayai-informasi-gempa/>

Dia anak muda yang masih belia. Umurnya 21 tahun. Namanya Wang Chungqing.
Tapi, dialah yang menyelamatkan Kabupaten Qinglong dari bencana besar. Tak
satu pun orang meninggal di daerahnya. Padahal, akibat gempa terbesar di
dunia selama satu abad ke-20 yang terjadi pada 1976 lalu itu luar biasa. Di
Kota Tangshan, tetangganya, jumlah orang yang meninggal mencapai 280.000
jiwa (melebihi korban tsunami Aceh).

Yang dilakukan Wang Chungqing kini tercatat dalam dokumen internasional yang
semestinya bisa menjadi pelajaran bagi negara-negara yang berpotensi terkena
gempa. Dokumen itu lengkap menyebutkan apa yang diprogramkan Wang dan
bagaimana menerapkannya dalam action plan. Memang, tercatat satu orang
meninggal di Kabupaten Qinglong saat itu, namun ternyata akibat serangan
jantung.

Dua tahun sebelum gempa, Wang ditunjuk sebagai kepala kantor penanggulangan
gempa di kabupatennya. Memang, tidak ada penjelasan mengapa pemerintah
berani mengangkat pejabat semuda itu. Saya sedang berusaha bertemu anak itu
yang sekarang tentu umurnya masih 50 tahun. Tentu saya tidak bisa mencarinya
dalam waktu singkat karena kesibukan saya di Tianjin saat ini. Kalau saja
saya masih wartawan seperti zaman muda dulu, pasti orang tersebut sudah saya
temukan.

Pemuda Wang yang tercatat dalam dokumen itu sangat memperhatikan informasi
dari ahli-ahli geologi. Memang, saat dia diangkat menjadi pimpinan satkorlak
gempa kabupaten tersebut, sudah ada informasi dari pemerintah pusat bahwa
dalam waktu dua tahun kemungkinan akan terjadi gempa besar di kawasan utara
Tiongkok. Namun, kapan waktunya dan di daerah mana saja yang terkena, tidak
ada yang tahu.

Padahal, kawasan utara Tiongkok sangat luas. Pokoknya, pemerintah pusat
hanya menegaskan bahwa gempa tersebut akan terjadi di kawasan tujuh provinsi
di utara (Tianjin, Beijing, Hebei, Shanxi, dan sekitarnya).

Yang membedakan pemuda Wang dari pimpinan satkorlak (eh, apa tepat ya
menggunakan istilah ini?) di kabupaten lain adalah: Wang sangat
memperhatikan informasi itu. Sedangkan kabupaten lain tidak. Dia berusaha di
kabupatennya dipasangi detektor sederhana. Lalu, diterapkan juga cara-cara
tradisional.

Misalnya, setiap hari mengecek kualitas air di sumur-sumur penduduk. Berubah
warna dan rasa atau tidak. Mengecek air sungai. Meletakkan gelas-gelas
berisi air di atas tanah. Setiap hari dicek, apakah ada air yang tumpah
akibat getaran atau tidak.

Tiap hari prosedur itu dilakukan. Tentu bisa sangat membosankan karena gempa
tidak juga datang setahun setelah persiapan tersebut. Namun, pemuda Wang
tidak bosan. Dia terus mengadakan kontak dengan ahli geologi, melakukan
rapat dengan kelompok-kelompok masyarakat, mengajari cara-cara menyelamatkan
diri, dan mempersiapkan tim pertolongan.

Ketika informasi akan terjadinya gempa mendekati dua tahun, usaha Wang
semakin intensif. Sebulan sebelum terjadi gempa, langkah-langkahnya semakin
konkret. Dia meminta agar masyarakat tidak lagi menutup pintu dan jendela
waktu malam agar kalau terjadi gempa bisa menyelamatkan diri dengan cepat.
Dia meminta satu di antara anggota keluarga tidak tidur secara bergiliran.

Namun dia tetap tidak tahu akan terjadi gempa. Bahkan, dia memprogramkan,
pada 28 Juli, Wang akan mengadakan simposium besar untuk menyadarkan
masyarakat mengenai bahaya gempa. Tentu simposium tersebut tidak terjadi
karena gempanya ternyata sudah datang pada 26 Juli, dua hari sebelum itu.

Tapi, banyak program yang sempat dilakukan. Misalnya, sejak 25 Juli sekolah
harus mengajar muridnya di luar kelas. Penduduk sebanyak mungkin berada di
luar rumah. Dokter yang bertanggung jawab mengepalai penyelamatan sudah
ditunjuk. Dan seterusnya.

Maka, di kabupaten tersebut, meski guncangan gempa juga hebat dan rumah yang
roboh mencapai 180.000 rumah, tidak satu pun orang meninggal.

Rasanya, kita juga pernah diberi informasi bahwa akan terjadi gempa besar di
selatan Jawa. Ahli Australia yang mengemukakannya. Sikap kita umumnya
menyepelekan informasi itu. Kalau saja ada pemuda Wang di Kabupaten Bantul
atau Pacitan atau Klaten, barangkali akibat gempa Jogja akan berbeda.
Barangkali. (*)

Sumber : indopos

auliahazza.38.p.depok